• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Kemenhub Usulkan Jaket Ojol Memiliki Nama Pengemudi Sendiri

14 November
22:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Kementerian Perhubungan bersama salah satu aplikator ojek online membahas beberapa regulasi untuk pengemudi ojek online. Hal ini merujuk pada kasus pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan beberapa waktu lalu. Pelaku diketahui mengenakan jaket milik salah satu aplikator ojek online (ojol). 

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengusulkan penggunaan jaket ojol sebagai identitas bagi keselamatan pengemudi dan memudahkan polisi dalam mengungkap suatu kasus. 

"Ya kita lihat sendiri sekarang, jaket itu bisa juga didapatkan di Pasar Senen. Jadi, saya nanti akan mengusulkan apakah akan dimasukkan regulasi. Bahwa jaket sebagai identitas dan kewajiban untuk perlindungan keselamatan. Tapi kalau ada penyimpangan demikian, untuk memudahkan Polri dalam mengungkap identitas yang bersangkutan," ujar Budi Setiyadi di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Ide lain yang diusulkan Budi adalah memberikan identitas tersendiri pada jaket para pengemudi. Jaket ojol tidak menjadi milik secara perseorangan sehingga ketika pengemudi sudah tidak bekerja pada aplikator tersebut, jaketnya akan dikembalikan. 

"Jaket bukan sebuah properti yang dimiliki oleh para pengemudi, sehingga bisa saja nanti jaketnya punya nama, katakan saya Budi Setiyadi atau kemudian ada nomornya. Jadi kalau yang bersangkutan sudah tidak menjalani profesi sebagai pengemudi/mitra aplikator, ya sudah jaketnya dikembalikan," jelas Budi. 

Budi juga mengusulkan kalau jaket ojol sudah tidak bagus, aplikator bertanggung jawab untuk menggantinya. Jika usulan itu tidak dimasukkan regulasi, nantinya bila ada tindak kriminal pihak perusahaan kembali mengalami kerugian. 

"Bisa saja nanti aplikator menjadi rugi, nanti ada perampokan  menggunakan jaket dari salah satu aplikator yang ada," tandasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00