• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ketua DMI Jusuf Kalla Puji Sikap Toleransi Umat Beragama di Sulut

14 November
19:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Manado: Sikap toleransi dan saling menghargai antar umat beragama yang terjalin dengan baik di Provinsi Sulawesi mendapat apresiasi dari Ketua Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI)  Jusuf Kalla.

Ketika menghadiri pelantikan Pengurus Wilayah DMI Sulawesi Utara, Kamis (14 /11 /2019)  Jusuf Kalla menyatakan rasa bangganya kehidupan beragama daerah ini begitu harmoni.

"Pada hampir dua puluh tahun lalu pada saat di Timur di Maluku ada konflik di Selatan konflik Poso tapi Alhamdulillah Sulawesi Utara tetap aman dan harmoni," ucap Kalla.

“Ini membuktikan masyarakat saling menghargai saling membantu dan kita saling musyawarah," lanjutnya.

JK yang dua kali menjabat Wapres ini mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pemimpin pemimpin daerah sejak dahulu hingga sekarang menjaga keharmonisan dan kerjasama antar masyarakat.

"Karena itulah inti kebinekaan kita.  kita kuat karena perbedaan. Perbedaan bukan memecahkan tapi menguatkan kita semua. Dalam hal kepengurusan Dewan Masjid Indonesia saya sangat mengharapkan upaya upaya seperti itu harus diupayakan,” urainya. 

“Motto DMI memakmurkan mesjid dan dimakmurkan mesjid berarti meramaikan ibadah melaksanakan ibadah yang baik dan memfungsikan mesjid sebagai tempat ibadah, tempat kita memanjatkan kewajiban ibadah kita," ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya memaparkan bahwa kegiatan DMI adalah upaya bersama dalam memajukan bangsa dan negara khususnya dalam bidang agama. Untuk itu ia berharap agar para pengurus lebih berorientasi pada kemakmuran umat.

“Jangan mesjidnya bagus dan megah, namun berbanding terbalik dengan kehidupan masyarakatnya. Dewan Masjid harus dapat memakmurkan masjid dan masjid harus dapat memakmurkan masyarakat sekitar dengan cara menyelenggarakan kegiatan ekonomi dan sosial,” pungkas JK.

Sementara itu Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw berharap DMI dibawah kepemimpinan JK membawa umat muslim lebih beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Kandouw pun memintakan masjid menjadi sarana penyejuk ditengah - tengah umat muslim.

Dalam kunjungan di Manado JK yang juga sebagai Ketua Umum PMI dan Wagub Kandouw selaku Ketua PMI Sulut, mengadakan dialog bersama petugas mengenai persediaan stok darah yang ada serta pelaksanaan kegiatan donor darah di Sulut. Terakhir, rombongan berkesempatan melihat blood bank (tempat penyimpanan kantong darah) yang telah siap didistribusikan. Diketahui terdapat 143 kantong darah dalam kondisi siap pakai.

Selanjutnya, rombongan berpindah menuju Graha Gubernuran untuk menghadiri agenda Pelantikan Pengurus Wilayah Dewan Masjid Indonesia (PW – DMI) Provinsi Sulut Periode 2018-2023.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00