• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Jadi Daerah Rawan Gempa dan Tsunami, BMKG Gelar Sekolah Lapang Geofisika di Gunungsitoli

14 November
14:50 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli: Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Gunungsitoli selama 2 hari hingga besok menggelar Sekolah Lapang Geofisika (SLG) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gunungsitoli, bertempat di Kaliki Resto, Kamis (14/11/2019).

Mewakili Walikota Gunungsitoli, Sekretaris Daerah Ir. Agustinus Zega membuka dengan resmi kegiatan tersebut dengan ditandai penyematan secara simbolis kartu peserta. Sekda dalam arahannya berharap BMKG bisa menjelaskan lebih jauh lagi tentang gempa dan tsunami dan bagaimana tsunami bisa terjadi. Apakah Tsunami bisa terjadi tanpa ada gempa yang mendahului seperti yang pernah terjadi di Banten beberapa waktu yang lalu

“Di masyarakat banyak asumsi tentang gempa yang harus diluruskan. Saya berharap BMKG bisa menyampaikan secara jelas tentang gempa dan tsunami ini, apakah tsunami bisa terjadi jika tidak terjadi gempabumi, dan bagaimana menyikapi ramalan-ramalan gempa dari para ahli”, harap  Sekda.

Sementara itu Kepala Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika wilayah I, Edison Kurniawan S.Si, M.Si mengatakan pelaksanaan Sekolah Lapang Geofisika ini juga didasarkan pada informasi index Risiko Bencana Indonesia yang dikeluarkan BNPB tahun 2013 yang menyatakan bahwa Kota Gunungsitoli adalah salah satu daerah yang memiliki indeks risiko gempa bumi dan tsunami yang tinggi.

“ Untuk itulah kami menganggap penting diadakannya Sekolah Lapang Geofisika ini dengan mengundang BPBD kabupaten/kota agar memiliki kapasitas yang sama untuk ikut berperan bersama BMKG dalam penyebarluasan informasi gempabumi dan tsunami dan mampu menindaklanjuti informasi tersebut dengan respon yang tepat”, ujar Edison.

Sekolah Lapang Geofisika (SLG) diikuti oleh 30 orang peserta yang meliputi instansi Kodim 0213 Nias, Polres Nias, BPBD Kota Gunungsitoli, Satpol PP Kota Gunungsitoli, Camat, Lurah. Kepala Desa Pos Sar Gunungsitoli, Guru SD, SMP dan SMA/SMK, PMI Kota Gunungsitoli serta media cetak dan elektronik.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00