• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polda Jateng Punya 30 Anjing Pelacak, Ini Tugasnya

14 November
14:29 2019
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Unit Satwa Direktorat Sabhara (Ditsabhara) Polda Jawa Tengah miliki 30 anjing pelacak untuk diperbantukan pada lima unit kategori. Ke 30 anjing tersebut setiap hari dilatih untuk membantu tindakan pada pelacakan narkotika, bahan peledak, kebencanaan, pelacakan umum dan tindakan terkait huru hara.

PS Kanit Satwa Ditsabhara Polda Jawa Tengah, Ipda Henry Sulistyanto ketika ditemui RRI mengatakan, 30 anjing pelacak yang dimiliki setiap hari terus dilatih agar kemampuannya terus terasah. Dijelaskan, pada dasarnya semua anjing pelacak memiliki karakter agresif, namun ketika diperbantukan dilokasi kejadian mempunyai sikap yang berbeda.  

“Anjing pelacak tidak harus dari jenis apa, yang penting berkarakter agresif agar mudah dilatih. Kalau anjing pelacak bahan peledak, jika menemukan benda mencurigakan diduga bom akan diam dan duduk. Namun pelacak narkotika atau barang bukti kejahatan jika menemukan barang yang dimaksud akan merespon dengan mengaruk-garuk tempat diduga penyimpanan,” ujarnya di di Mako Brimob Srondol, Kamis (14/11/2019).

Diterangkan oleh Ipda Henry, 30 anjing pelacak yang dimiliki mempunyai spesialisasi masing-masing. Adapun kandang antara satu dengan yang lainnya dipisah, karena karakternya yang agresif.

“Kami pisahkan kandangnya berdasarkan spesialisasinya,” imbuhnya.

Ditambahkan pula, pengunaan anjing pelacak bukan saja untuk penyelidikan atau pengungkapan kasus oleh kepolisian. Namun, juga bagi masyarakat yang ingin mengunakan jasa anjing pelacak dapat mengajukan melalui Polsek maupun Polres terdekat.

“Kami sifatnya perbantuan, untuk pelacakan narkotika, bahan peledak, kebencanaan, pelacakan umum dan tindakan terkait huru hara siap, untuk kegiatan masyarakat kami juga siap, silahkan ajukan ke polsek, polres terdekat karena kami sifatnya pelayanan,” terangnya.

Terkait pengeboman di Mapolres Medan, Ipda Henry Sulistyanto menyatakan siap menerjunkan anjing pelacak untuk antisipasi teror. Meski hingga kini belum ada permintaan untuk melakukan penjagaan dilokasi rawan teror.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00