• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Tanggul Sungai Jebol Lagi, Puluhan Rumah di Aceh Tenggara Terendam

13 November
09:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kutacane : Banjir melanda Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh pada Selasa (12/11/2019) malam. 

Bencana banjir ini disebabkan karena tanggul sungai jebol akibat debit air meningkat. 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi mengatakan, berdasarkan laporan dari Pusdalops BPBD Aceh Tenggara yang di-update pada Rabu (13/11/2019) pukul 00.10 WIB, bahwa banjir ini terjadi di Desa Kuning Satu. 

"Telah terjadi bencana banjir pada tanggal 12 November 2019 pukul 22.35 WIB di Desa Kuning Satu, Kecamatan  Bambel," kata Sunawardi Rabu pagi. 

"Banjir akibat hujan terus menerus  terjadi dalam  beberapa hari ini sehingga jebol tanggul daerah aliran sungai (DAS) Lawe Tuban," ujarnya. 


Banjir ini, ungkap Sunawardi, juga menggenangi jalan lintas nasional.  Selain itu, juga merendam puluhan rumah warga yang berada di sekitar tanggul jebol. 

"Menurut pendataan petugas di lapangan, ada 22 rumah warga terendam air genangan banjir. Korban terdampak berjumlah 89 jiwa dari 22 kepala keluarga," jelasnya. 

Untuk korban yang mengungsi masih dalam pendataan. Dalam upaya penanggulangan bencana ini, BPBD Aceh Tenggara melakukan pemantauan di Sungai Lawe Tuban. Sementara kondisi yang terpantau sejak dini hari tadi banjir masih merendam rumah penduduk. 

Sebelumnya pada akhir bulan Oktober lalu banjir serupa juga terjadi di wilayah ini. Banjir juga disebabkan karena tanggul sungai Lawe Tuban jebol. Sedikitnya ada 6 Kecamatan saat itu terendam. BPBD bersama pihak terkait juga telah memperbaiki tanggul jebol dengan mengerahkan alat berat. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00