• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Dana Hibah DKI Turun 2020, Sekda: Jangan Salahkan Depok Kalau Jakarta Banjir

12 November
20:53 2019
0 Votes (0)

KBRN, Depok: Rencana DPRD DKI Jakarta mengurangi dana hibah ke wilayah penyangga untuk mengatasi banjir dan lainya di wilayah Ibu Kota. Mendapat tanggapan dari Pemerintah Kota Depok.

Salah satunya dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono.

Hardiono menjelaskan hibah itu sebetulnya lebih menguntungkan DKI Jakarta kalau di gelontorkan. Pasalnya wilayah daratan DKI Jakarta lebih rendah daripada Kota Depok.

Dana hibah dari DKI Jakarta yang diterima oleh Pemkot Depok diperuntukan mengatasi banjir di Jakarta. Yaitu dengan cara menormalisasi Setu yang ada di Kota Depok agar daya tampungnya meningkat dikala musim penghujan.

"Tapi kalau dana ini dikurangi ya Jakarta jangan menyalahkan Kota Depok kalau nanti banjir. Tanggung saja sendiri," ujar Hardiono di Balai Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Selasa (12/11/2019).

Jika ditinjau dari segi manfaat, menurut Hardiono dana hibah Pemrov DKI Jakarta selama ini masih dinilai kurang. Namun, jika Pemrov DKI Jakarta mengurangi dana hibah ini Hardiono menegaskan Depok tidak merasa dirugikan.

"Dana dari DKI berapa? Setu kita ada 23 lokasi, selama ini dana yang kita terima masih relatif kecil karena belum bisa meng-cover pengerukan seluruh Setu untuk menampung air hujan di Depok," katanya.

Belum lagi, penyerapan tidak bisa maksimal sebab dana hibah DKI Jakarta turun sudah mendekati akhir tahun, seperti pada tahun 2017 lalu.

"Kami berharap dana hibah DKI turun di bulan Maret hingga Juni, agar terserap maksimal. Tapi kalau di akhir-akhir tahun ya jangan harap bisa terserap maksimal," tuturnya.

Padahal, besar harapan Pemkot Depok dana hibah penanggulangan bajir dari DKI ditingkatkan, bukan sebaliknya. Apalagi untuk tahun 2020 pihaknya bakal mengajukan hibah sebesar Rp669 miliar.

"Tahun 2019 ini aja kita cuman terima hibah sebesar Rp38 miliar untuk normalisasi 3 Setu dan peningkatan Jalan Gas Alam. Mudah-mudahan jumlah ini meningkatlah di tengah rencana pengurangan tersebut," harapnya. (RL)

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Azis Zulkarnaen

    Editor RRI Bandung

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00