• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Ratusan Rumah di Aceh Utara Terendam Banjir Luapan

12 November
19:12 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhoksukon : Ratusan rumah di Kecamatan Matangkuli dan Pirak Timu Kabupaten Aceh Utara, terendam banjir setelah meluapnya air Sungai (Krueng) Keureutoe dan Pirak di kawasan tersebut pada Selasa (12/11/2019) pagi. Air di badan jalan dan permukiman warga bervaria 50 centimeter hingga satu meter, namun hingga saat ini belum ada laporan warga yang mengungsi.

Sejumlah desa di Kecamatan Matangkuli yang terdampak banjir, yaitu  Desa Alue Euntok, Desa Tumpok Barat, Desa Hagu, Lawang, Desa Alue Tho, Desa  Siren, dan Desa Meuria. Sedangkan di kecamatan Pirak Timu, sejumlah desa yang terendam diantaranya, Desa Rayeuk Pange, Alue Bungkoh dan Desa Glumpang .

Seorang warga Desa Siren Kecamatan Matangkuli, Mustafa (40) kepada RRI mengatakan,  Banjir yang melanda  sujumlah Aceh Utara, karena hujan deras yang menguyur kabupaten Aceh utara dan Beuner Meriah sejak Senin (11/11/2019) malam.

“Air masuk ke rumah warga sejak pagi tadi sekitar pukul 06.00 WIB,  akibat banjir ini ratusan rumah warga  dan puluhan areal tanaman sawah di sejumlah kecamatan Pirak Timu dan Matangkuli yang baru di tabur terendam,” kata Mustafa, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, Bagi warga yang baru menyemai benih padi yang berusia 3 hingga 4 hari dipastikan sudah dibawa air dan terancam mati serta harus menyemai kembali,  kondisi ini sudah sering dirasakan atau langanan oleh masyarakat Matangkuli dan Pirak Timu.

“Hingga sore belum ada warga yang mengungsi hingga saat ini, warga memilih menetap di rumah masing-masing  walaupun ketinggian air sudah mencapai mencapai 50 centimeter hingga satu meter, jika hujan turun lagi dari pergunungan Beuner Meriah air akan terus bertambah,” terangnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00