• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Polres Bengkalis Amankan Ratusan HP Ilegal Senilai Rp 3 Miliar

11 November
19:16 2019
1 Votes (5)

KBRN, Bengkalis : Jajaran Polres Bengkalis dibawah Komando AKBP Sigit Adiwuryanto,S.I.K,MH berhasil mengamankan 560 unit heanphone (telepon genggam) berbagai merek di pulau Bengkalis.

Hasil pengungkapan barang selundupan tersebut disampaikan Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto dalam konferensi pers yang didampingi Waka Polres Kompol Kurnia Setiawan dan Kasat Reskrim AKP Andre Setiawan, Senin (11/11/2019) di halaman Mapolres Bengkalis.

Kapolres menyebutkan, terungkapnya kasus dugaan tindak pidana perdagangan dan atau perlindungan konsumen dan atau telekomunikasi ini berawal berkat informasi masyarakat bahwa akan ada barang tanpa dokumen masuk ke Bengkalis, dari laporan inilah Satreskrim mengembangkan dan melakukan penyelidikan.

"Awalnya dapat informasi dari masyarakat akan adanya barang tanpa dokumen jenis Heanphone (telepon genggam) yang akan masuk ke Bengkalis melalui jalur laut, dan dari penyelidikan tim Sat Reskrim langsung ke lokasi," kata AKBP Sigit Adiwuryanto.

Dari penyelidikan diketahui ada kapal MV. Dumai Ekspress dari Batam menuju Dumai  pada Minggu, 10 Nopember pukul 11.00 WIB menurunkan satu orang penumpang berinisial G dari Batam di tengah laut, tepatnya depan pelabuhan penyeberangan sungai dua, dan G ini sudah ditunggu oleh kapal pompong tanpa nama. 

"Nah si G ini turun di pelabuhan sungai dua dan sudah ditunggu oleh dua tersangka pakai sepeda motor, begitu dapat informasi ini tim kita dan pelapor langsung ke lokasi untuk melakukan pemantauan, namun tim belum tiba di pelabuhan dua pelaku sudah duluan menuju kediamannya, dan tim  kita berselisih di jalan," kata Kapolres lagi.

Ditambahkan Dia, tim langsung berbalik arah dan mengikuti dua sepeda motor yang mencurigakan sampai ke kota Bengkalis dan langsung menuju rumah tersangka yakni J alias Acong (31 tahun) dan S alias Widix (24 tahun) yang keduanya tinggal di Jalan Diponegoro Gg.Segar Kelurahan Kota Bengkalis, Kecamatan Bengkalis.

"Setelah diperiksa ternyata ditemukanlah didalam keranjang sepeda motor pelaku, ditemukan ratusan (560 Unit) telepon  genggam berbagai jenis dan merek," ungkap Sigit lagi.

Dari keterangan tersangka J alias Acong kegiatan menerima barang handphone ini dalam bulan bulan terakhir ini sudah 10 kali sementara S alias Widix turut membantu, mereka menerima upah Rp1400.000 untuk sekali penjemputan.

Dari 560 unit Hp yang diamankan tersebut ditaksir berharga Rp3.362.499.000.

Kapolres menyebutkan akibat perbuatannya,  tersangka dapat di jerat pasal 104 UURI No.7 tahun 2004 tentang perdagangan dan pasal 1 huruf a,huruf I, huruf J Jo pasal 62 ayat (1) UURI no 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan pasal 52 UURI no 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00