• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Tahun 2020, Disnakertrans Jambi Buka Sistem Loker Online

11 November
10:21 2019
0 Votes (0)

KBRN:Jambi.Disnakertrans provinsi Jambi tahun 2020 mendatang akan membangun sistem lowongan kerja (Loker) online untuk mempermudah masyarakat provinsi Jambi mencari lowongan pekerjaan.

Kabid Pembinaan Pelatihan Penempatan Tenaga Kerja dan Produktivitas Disnakertrans Provinsi Jambi Cikmas Hadi Salasa menyebutkan, inovasi terbaru ini akan memberi kemudahalan bagi pihak perusahaan untuk melaporkan secara langsung terkait persediaan tenaga kerja  atau jumlah lowongan kerja yang dibutuhkan, persyaratan serta informasi lainnya. “ tahun 2020 akan membangun sistem laporlah lowongan kerja secara online, jadi perusahaan tidak perlu lagi datang kekantor Disnakertrans untuk melaporkan namun cukup bisa dari kantor masing-masing,“ terang Cikmas Hadi Salasa pada Radio Republik Indonesia, Senin (11/11/2019).

Dengan adanya akses informasi aplikasi online lowongan kerja tersebut maka selain menumbuh kembangkan minat kerja bagi para pencari kerja juga mengurangi angka penganguran di jambi. “ semua informasi lowonga kerja yang ada di Jambi ini mampu kita data sehingga mampu menyiapkan kebutuhan tenaga kerja tersebut sesuai kebutuhan dunia usaha dan industri, “ katanya.

Disebutkan Cikmas Hadi salasa, dalam hal ini pemprov rencananya membentuk Skill Development Center (SDC) sebagai wadah yang terdiri dari undur Academic, Bisnis atau Dunia usaha / industri dan peemrintah guna mengatasi permasalahan ketenagakerjaan . “ Kedepan dalam memenuhi kebutuhan itu akan membentuk skill development center SDC, yang anggotanya dari APINDO atau perusahaan, Dunia pendidikan sehingga informasi semua kebutuhan lowongan dan syaratnya serta  persediaan tenaga kerja akan ada disana," katanya.

Untuk diketahui, inovasi terbaru dengan aplikasi online ini merupakan tindak lanjut dari terbitnya Perda no.4 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ketenagakerjaa yang mana didalamnya tercantum setiap perusahaan wajib melapor lowongan kerja ke dinas Nakertrans Kabupaten/kota yang ditembuskan ke pemerintah provinsi Jambi, yang sebenarnya aturan itu sudah lama dengan lahirnya Kepres no 4 tahun 1980 bahwa perusahaan wajib melaporkan lowongan, hanya saja belum optimal karena ketiadaan sistem itu," pungkas Cikmas.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00