• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Banjir Bandang Landa Perbatasan Aceh Tenggara, 10 Rumah Hanyut

10 November
20:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kutacane : Banjir bandang melanda perbatasan antara Aceh Tenggara dengan Sumatera Utara. Banjir bandang ini dilaporkan terjadi pada Minggu (10/11/2019) pukul 13.35 WIB. 

"Akibat Intensitas hujan yang terus meningkat dalam beberapa hari ini sehingga mengakibatkan banjir bandang di Daerah Aliran Sungai (DAS) perbatasan Kabupaten Aceh Tenggara dengan Kabupaten Karo Sumatera Utara," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi di Banda Aceh. 

Akibat dampak banjir bandang ini, ada 10 rumah dilaporkan hanyut terbawa arus banjir. "10 rumah hanyut. Korban rumah hanyut ini merupakan warga Desa Lawe Pengulu, Kabupaten Karo," ujarnya. 

Menurut Sunawardi, banjir bandang ini juga berdampak hingga ke wilayah Kabupaten Aceh Tenggara. 

Dalam upaya penanggulangan bencana banjir ini, BPBD Kabupaten Aceh Tenggara langsung langsung berkoordinasi dengan kepala Desa Lawe Pengulu Kabuoaten Karo untuk lebih siaga menunggu bantuan dari BPBD Kabupaten Karo. "Menurut info air sungai sudah berangsur surut," sebutnya. 

Berdasarkan dari laporan pos damkar di masing-masing kecamatan di wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, di Kecamatan Lawe Sigala-gala masih berpotensi hujan, potensi hujan juga bisa terjadi di Kecamatan Lawe Bulan, Kecamatan Lawe Alas, Kecamatan Badar, Kecamatan Babussalam, dan Kecamatan Bambel. 

"Berdasarkan pemantauan cuaca dari pos damkar di masing-masing Kecamatan, BMKG, Lapan Hotspot, dan Accuweather wilayah Kabupaten Aceh Tenggara dan sekitarnya dapat dianalisis bahwa rawan potensi hujan sedang sampai dengan lebat, banjir dan tanah longsor, diimbau kepada masyarakat untuk tetap siaga," imbaunya. 



tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00