• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Kemenpar RI Apresiasi Pelaksanaan Festival Pesona Way Kambas Ke-19

9 November
20:55 2019
0 Votes (0)

KBRN, Bandarlampung: Menggunakan kereta gajah dan diiringi pencak silat kuto lampung, kesenian bela diri dari Kabupaten Lampung Timur, Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari tiba di tempat pelaksanaan Festival Pesona Way Kambas (FWK) 2019 yang dipusatkan di Pusat Latihan Gajah Lampung Timur, Sabtu (9/11/19).

Kegiatan diawali pawai budaya dari 24 kecamatan se Lampung Timur serta tapis karnaval yang menampilkan berbagai potensi di masing-masing daerah.

Dalam sambutannya, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional 1 Kementerian Pariwisata RI, Reza Fahlevi, mengatakan, salah satu strategi mempromosikan pariwisata dengan mengadakan even seperti Festival  yang mampu menghadirkan banyak orang dan juga upaya pelestarian budaya, melalui even juga ada dampak ekonomi bagi masyarakat.

Ditambahkan, pihaknya memberikan apresiasi yang dilakukan Pemkab Lamtim atas penyelenggaraan pesona Way Kambas sampai ke-19 ini yang berlangsung secara kontinue setiap tahunnya.

Dikatakannya, Way Kambas salah satu daya tarik di Lampung yang memiliki potensi serta kekuatan besar karena tidak banyak wilayah yang mempunyai elephen traking seperti ini.

"Ada pekerjaan rumah bagi Pemkab Lamtim yaitu diversifikasi produk wisata atau wisata apa yang ingin ditawarkan di Lamtim, seperti desa wisata dan atraksi budaya yang bisa dikembangkan," ujar Reza Fahlevi.

Oleh karena itu pihaknya mengajak seluruh stacholeder dan para pelaku pariwiata untuk bersama sama fokus mengembangkan pariwisata unggulan di lamtim ini guna mendukun tujuan tersebut.

Sementara Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, mengatakan, FWK yang dilaksanakan setiap tahun ini diharapkan mempu memjadi ajang  promosi budaya dan kekayaan alam Lampung Timur.

Dikatakan Bupati, Way Kambas daerah hutan tropis dengan luas 125 ribu hektar terdapat beberapa destinasi yang menarik seperti pusat pelatihan gajah, suaka rhino sukatera, waykanan resort, rawa kali biru dan kuala kambas yang memiliki berbaga hewan yang hampir punah seperti badak sumatera, gajah sumatera, harimau sumatera, mentok rimba dan buaya speed.

TNWK saat ini menjadi daerah tujuan yang terkenal sampai tingkat mancanegara karena memiliki keanekargaman hayati serta menjadi paru-paru dunia yang memiliki keunikan dan keindahan alam luar biasa.

"FWK merupakan ajang promosi wisata alam serta seni dan kebudayaan yang menjadi daya tarik, festival ini juga merupakan even unggulan dari Kemenpar, dan kami berkomitmen agar kegiatan ini terus dilakukan untuk memperkuat branding FWK," ujar Zaiful Bokhari.

Pada FWK tahun ini, tidak ada atraksi gajah yang dipertontonkan pada pembukaan Festival seperti biasanya, karena sebelumnya adanya protes dari para aktivis hewan terkait ekploitasi hewan dilindungi tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00