• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bupati Subang Ancam Tutup Galian C Berdampak Sidementasi Aliran Sungai

9 November
20:45 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Bupati Subang Ruhimat akan meninjau ulang semua keberadaan Galian C di wilayah Selatan Subang. Karena diindikasikan tidak hanya merusak lingkungan, tetapi juga menjadi salah satu penyebab terjadinya sidementasi sejumlah aliran sungai yang ada. Hal itu disampaikan Ruhimat, setelah selesai melakukan pengecekan di sepanjang aliran sungai Cipanggilingan yang sedang di normalisasi, baik dengan menggunakan alat berat, maupun secara manual oleh warga masyarakat, dan TNI-Polri. 

"Jadi selain sampah yang membuat sidementasi di aliran sungai Cipanggilingan ini, juga persoalan Galian C, yang sebetulnya mempercepat proses sidementasi ini, ya nanti akan kita tinjau ulang perijinannya, jika menimbulkan masalah seperti ini," ujar Ruhimat kepada wartawan di Subang, Sabtu (9/11/2019).

Sebelum dilakukan kajian ulang terhadap keberadaan Galian C itu kata Ruhimat, dirinya dalam waktu dekat ini segera berkonsultasi dengan Dinas Pertambangan Provinsi Jawa Barat, karena proses perijinanannya, dikeluarkan oleh Dinas Pertambangan Provinsi.

"Kita segera berkonsultasi dengan Distamben Provinsi Jabar, kan mereka yang mengeluarkan ijinnya," imbuhnya.

Ruhimat menegaskan, jika hasil kajian nanti, keberadaan Galian C tersebut, menjadi salah satu penyebab terjadinya sidementasi di aliran sungai Cipanggilingan ini, maka harus ditindak tegas berupa penutupan secara permanen. Karena nantinya sambung Ruhimat, selain akan sia-sia dilakukan normalisasi ini, juga buang-buang anggaran negara.

"Ya kalau hari ini kita normalisasi, besok-besok terjadi pendangkalan lagi, ya percuma dong kita lakukan normalisasi ini, buang-buang anggaran lagi, ya terpaksa akan kitu tutup paksa saja itu Galian C yang mengakibatkan sidementasi lagi," pungkas Ruhimat.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00