• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Ratusan Peserta Ikuti Tradisi Baayun Maulid

9 November
11:04 2019
3 Votes (5)

KBRN, Banjarmasin : Ratusan umat muslim menghadiri kegiatan Baayun Maulid yang digelar Pemko Banjarmasin Sabtu(9/11/2019). Tradisi yang dihelat dalam memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW tersebut tahun ini digelar di Kubah Basirih.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarmasin Ikhsan Alhaq mengatakan, jumlah peserta tahun ini melebihi dari target yang ditetapkan.

"Kita sebenarnya hanya memperkirakan 300 ayunan yang harus disiapkan tapi antusias  warga ternyata begitu tinggi sehingga jumlah peserta tahun ini sekitar 500 orang,"ungkapnya.

Sementara salah seorang peserta Sri Bahara mengaku, tradisi Baayun Mulid sudah menjadi agenda dalam keluarganya untuk selalu diikuti dari zaman dulu.

"Dari saya masih kecil sampai sekarang punya dua cucu selalu diayun ketika bulan Maulid. Mudah - mudahan nanti cucu saya ini  bisa meneladani sifat Rasulullah,"harapnya. 

Baayun maulid adalah sebuah tradisi Banjar mengayun anak atau seseorang yang dilaksanakan bertepatan pada bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini biasanya juga diiringi dengan menyanyikan shalawat atau doa-doa dengan harapan sang anak pun menjadi anak shaleh/shalehah.

Pada Baayun maulid tahun ini tercatat sebagai peserta tertua atas nama Rusmina (70) dan yang termuda Sayid Ahmad Habir (3 hari).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00