• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Reini Wirahadikusuma, Rektor Perempuan Pertama ITB

9 November
00:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Seiring ditetapkannya sosok jurnalis dan pejuang kaum perempuan, Ruhana Kuddus sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah Indonesia, sidang pleno Majelis Wali Amanat (MWA) Institut Teknologi Bandung (ITB) sepakat memilih Profesor perempuan muda, Reini Wirahadikusuma sebagai Rektor ITB periode 2020-2025.

"Sidang berjalan dengan lancar dan sepakat memilih Prof Reini," ujar Ketua MWA ITB, Yani Panigoro kepada wartawan dalam konferensi pers di Jakarta Selatan, Jumat (8/11/2019).

Dalam sidang pleno pemilihan rektor ITB, yang juga dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tersebut, Reini menyisihkan 2 (dua) calon lain yang lolos ke tahap akhir, yakni Jaka Sembiring dan Kadarsyah Suryadi. 

Terpilihnya Reini dinilai sebagai lompatan besar jelang 100 tahun ITB pada 2020 mendatang.

"Semoga Profesor Reini Wirahadikusumah, rektor 2020-2025, akan membuat ITB lebih baik lagi dan membuat Indonesia jadi lebih hebat," kata Yani.

Profesor N R Reini D Wirahadikusuma adalah guru besar Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB. Terpilihnya Reini juga merupakan sejarah bagi ITB karena ini adalah kali pertama kampus dipimpin rektor perempuan. 

Reini menyadari dia memiliki tanggung jawab besar sebagai rektor perempuan pertama ITB.

"Mengenai rektor pertama wanita, saya menyadari bahwa it's a big deal. Betul itu dan saya juga paham," ucap Reini.

Dirinya menceritakan bahwa selama dia bekerja menjadi dosen hingga meraih gelar profesor, semua itu dia lakukan karena ingin jadi role model. Dia mengakui bahwa kiprahnya ini tak lepas dari peran keluarga, terutama suami dan anak-anak. (Foto: itb.ac.id)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00