• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Begini Persiapan Rakyat Memperingati Hari Pahlawan

8 November
17:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Dua hari lagi, Indonesia akan memperingati Hari Pahlawan pada Minggu (10/11/2019) mendatang.

Persiapan mulai dilakukan seluruh daerah, khususnya dengan membersihkan kompleks Taman Makam Pahlawan sebagai antisipasi bakal membludaknya masyarakat yang datang melayat.

Pekerja nampak membersihkan Taman Makam Pahlawan Pura Kusuma Negara, yang bertempat di Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (8/11/2019). 

Sementara itu, dari Newi Serui, warga setempat bergotong royong membersihkan makam pahlawan nasional Silas Papare di Taman Makam Pahlawan (TMP) yang bertempat di Newi Serui, Kepulauan Yapen, Papua, Kamis (7/11/2019). 

Pahlawan nasional Silas Papare merupakan pejuang kelahiran Serui, 18 Desember 1918 dan wafat pada 7 Maret 1978. Papare berjasa besar menyatukan Irian Jaya ke dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sedangkan pekerja Taman Makam Pahlawan (TMP) Seribu sudah mulai mengecat ulang batu nisan makam para pejuang pertempuran Lengkong dengan warna merah dan putih.

Dalam rangka menyambut peringatan hari Pahlawan 10 November, pemerintah daerah setempat mempercantik TMP Seribu yang berada di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, sejak dua hari lalu.

Persiapan paling kreatif dilakukan warga Malang, Jawa Timur. Warga seputar Jalan Veteran Dalam sengaja melukis mural di dinding jalan tersebut untuk menghilangkan kesan kumuh sekaligus menanamkan rasa patriotisme pada masyarakat menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November mendatang.

Baik pengendara sepeda motor sampai pejalan kaki semua tak mampu menyembunyikan kekaguman atas hasil karya warga tersebut. Tak jarang mereka mampir untuk sekedar selfie lantas kembali melanjutkan perjalanan atau aktivitasnya masing-masing.

Berdasarkan Pedoman Peringatan Hari Pahlawan 2019 yang dikeluarkan Kementerian Sosial pada 10 Oktober 2019 lalu, pengibaran bendera merah putih wajib dikibarkan seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke di rumah masing-masing.

Kemudian, nantinya akan berlangsung Hening Cipta selama 60 detik pada 10 November 2019, tepat pukul 08.15 (waktu setempat), secara serentak di seluruh Indonesia. 


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00