• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

32 Lulusan PDD Akademi Komunitas Negeri Nias Utara 2019 Perlu Mendukung Program Pemerintah

2 November
16:36 2019
0 Votes (0)

KBRN, Gunungsitoli : 32 Lulusan Pendidikan Diluar Domisili (PDD) Akademi Komunitas Negeri Nias Utara angkatan ke V (lima) mengikuti wisuda bertempat di Aula kantor Bupati Nias Utara. Sabtu (2/11/2019)

Ke 32 lulusan tersebut terdiri dari jurusan budidaya ikan air tawar sebanyak 5 orang, Jurusan budidaya ternak potong 14 orang, dan Budidaya tanaman perkebunan 13 orang.

Direktur Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh,  Dr. Elvin Hasman M.P mengharapkan lulusan PDD Akademi Komunitas Negeri Nias Utara angkatan ke V (lima) agar melanjutkan pendidikannya di bidang wira usaha sehingga ikut mengembangkan Nias Utara yang lebih cepat. 

Lulusan Akademi Komunitas Negeri Nias Utara tersebut, harus melanjutkan pendidikannya di bidang Fokasi karena langsung di dunia usaha yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Nias Utara. Walaupun PDD Akademi Komunitas Nias Utara akan bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara, namun Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh akan tetap mendampingi bila program studi Budidaya Air tawar, Budidaya ternak potong dan Budidaya Tanaman Perkebunan karet akan di tingkatkan dari Diploma dua (D2) ke Diploma empat atau Satrata satu (S1).

“Akademi Komunitas Nias Utara sudah mulai berkembang namun pemerintah daerah harus tetap berperan aktif dalam mengalokasikan anggaran sehingga nantinya yang akan di kelola tidak hanya D2 tetapi harus di tingkatkan ke D4 atau S1” Harap, Elvin Hasman.

Agusman Zebua S.Pd, M.Pd Koordinator Akademi Komunitas Negeri Nias Utara, tentunya ini wujud kerja keras selama dua tahun menimba ilmu dan Pada prinsipnya lulusan vokasi itu di persiapkan di lapangan pekerjaan. 

“ lulusan yang IPK tertinggi terus di sekolahkan oleh Pemerintah daerah, dan tahun ini akan di sekolah satu orang untuk lulusan IPK tertinggi angkatan ke V PDD Akademi Komunitas Nias Utara”. Ujarnya.

Kemudian, mengingat anggaran operasional Akademi komunitas Nias Utara, tidak tertampung  di DIPA Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, maka Pemda telah mengantispasi hal tersebut dengan merancang kerja sama dengan Universitas Negeri Medan dalam bentuk program studi di Luar Campus Utama dan nantinya akan di tingkatkan dari jenjang Diploma dua (D2) ke Strata satu (S1).

Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Amizaro Waruwu mengucapkan selamat kepada lulusan PDD Akademi Komunitas angkatan ke V, ilmu yang sudah di dapat selama 2 tahun, dapat mendukung Program Pemerintah utamanya di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan.

“ Lulusan PDD Akademi Komunitas Nias Utara ini dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi karena Pemerintah daerah sedang bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara dan di harapkan dapat terwujud, sehingga lulusan D2 dapat melanjut Ke S1 di Akademi Komunitas Nias Utara mengelola S1" Harap, Amizaro.

Menurut Amizaro, pihaknya bersama pemerintah akan membuat satu regulasi sehingga seluruh lulusan Akademi Komunitas Nias Utara dapat di pekerjakan oleh Pemerintah daerah.

Diakhir keterangan Amizaro, selaku pihak DPRD akan terus mendukung seluruh program di Akademi Komunitas Nias Utara, selama ini pembangunan gedung Campus sudah di mulai dan akan di upayakan setiap tahunnya tetap di lanjutkan pembangunan gedung Campus tersebut, sehingga dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di kepulauan Nias.

Ikut hadir diacara tersebut, rombongan dari Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Wakil Bupati Nias Utara, Kepala SKPD lingkup Nias Utara, anggota DPRD Nias Utara, Koordinator AK. Nias Utara, Tokoh masyarakat, orangtua wisudawan/i, serta undangan lainnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00