• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Hebat ! Pria ini Ciptakan Listrik Tenaga Surya untuk Nelayan Tradisional

24 October
09:25 2019
3 Votes (3.7)

KBRN, Subang : Sebuh karya inovatif seorang Wakil Ketua Persatuan Nelayan dan Tradisional Indonesia (PNTI) Kabupaten Subang Huban Khabir, yang berhasil menciptakan listrik tenaga surya untuk nelayan.

Inovasi yang sudah dilakukan Wakil Ketua PNTI tersebut kata Ketua PNTI Kabupaten Subang Ali Haerudin TS, menjadi sebuah kebangga bagi PNTI, sehingga kedepan hasil inovasi tersebut didorong untuk kebutuhan listrik para nelayan yang sampai saat ini belum tersentuh oleh program penerangan listrik dari PLN.

"Apa yang sudah dilakukan oleh salah seorang Pengurus PNTI Kabupaten Subang, untuk membantu para nelayan, khususnya nelayan yang tidak mampu, sehingga para nelayan yang tidak mampu kedepan bisa menikmati listrik," ujar Ali kepada wartawan di Subang, Kamis (24/10/2019).

Menurut Ali, sampai sejauh ini, masih banyak para nelayan khususnya para nelayan tradisional yang hidupnya dibawah garis kemiskinan, yang tidak mampu memasang listrik dari PLN, dan itu harus dibantu oleh PNTI sebagai wadah organisasi para nelayan tradisional, sehingga diharapkan kedepan para nelayan tradisional khususnya di Kabupaten Subang hidupnya bisa sejahtera.

"Masih banyak nelayan kita yang tidak mampu membayar langganan listrik dari PLN, dan dengan adanya listrik tenaga surya ini, mereka tidak usah bayar, baik itu peralatannya yang akan kita bantu secara gratis, kemudian ketika listrik sudah nyala alat tersebut hanya membutuhkan sinar mata hari sebagai energi untuk penerangan listrik tersebut," terangnya.

Namun PNTI sendiri lanjut Ali, untuk memenuhi kebutuhan listrik tenaga surya bagi para nelayan tradisional itu, PNTI sendiri masih terkendala dengan pendanaan yang dimiliki, sehingga sampai sekarang PNTI baru mampu memberikan bantuan kepada salah seorang nelayan tradisional asal Cirewang Desa Pangarengan Kecamatan Legonkulon Kabupaten Subang.

"Karena masih terbatas anggaran, PNTI hanya mampu memberikan satu unit perangkat listrik tenaga surya itu kepada seorang nelayan diperairan Cirewang Legonkulon, ya mudah-mudahan saja kedepan PNTI bisa membantu para nelayan yang lainnya," tegas Ali.

Terlait keterbatasan anggaran yang dimiliki PNTI saat ini Ali berharap, pemerintah mau ikut membantu para nelayan, melalui PNTI, untuk pendanaan pembuatan listrik tenaga surya tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00