• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Bencana di Simeulue, Ratusan Rumah Terendam, Jembatan Penghubung Desa Ambruk

23 October
17:30 2019
0 Votes (0)

KBRN, Simeulue : Bencana banjir dan tanah longsor melanda Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Bencana yang terjadi sejak Sabtu (19/10/2019) lalu itu mengakibatkan ratusan rumah ikut terendam. Tidak hanya itu, sekolah hingga tempat pelayanan kesehatan juga ikut terendam dan satu jembatan ambruk.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Sunawardi mengatakan, berdasarkan laporan Pusdalops BPBD Simeulue bencana ini terjadi di empat kecamatan yaitu, Kecamatan Teupah Barat, Kecamatan Simeulue Tengah,  Kecamatan Simeulue Timur dan Kecamatan Teupah Tengah.

“Telah terjadi bencana banjir dan tanah longsor sejak tanggal 19 Oktober 2019 Pukul 02.00  WIB dan tanggal 21 Oktober pukul 14.00 - 16.00 WIB. Dampak banjir merendam ratusan unit rumah masyarakat dan meredam badan jalan dari Desa Busung ke Desa Matanurung terputus total,” kata Sunawardi dalam keterangan yang diterima RRI, Rabu (23/10/2019).

Menurut pendataan BPBD Simeulue, tambahnya, jalan lintas Desa Busung menuju Desa Nancawa juga  terjadi longsor sehingga menutup sebagian badan jalan.

“Ketinggian air rata-rata mencapai 30 cm - 130 cm, luapan air berasal dari beberapa sungai yang disebabkan hujan yang cukup deras sehingga sungai tidak sanggup penampung air yang begitu besar dan diperparah lagi sendimen pada sungai dan saluran drainase yang banyak tersumbat,” ungkap Sunawardi.

Sejumlah desa yang terdampak bencana alam ini diantaranya, Desa Awe Seubal, Desa Inor, Desa Leubang Hulu di Kecamatan Teupah Barat. Kemudian Desa Dihit Kecamatan Simeulue Tengah. Selanjutnya Desa Busung Kecamatan Teupah Tengan dan Desa Kota Batu, Kecamatan Simeulue Timur.

Sunawardi melaporkan, jumlah korban yang terdampak bencana ini yaitu di Desa Awe 10 kepala keluarga (KK), Desa Inor 51 KK 165 Jiwa, Desa Leubang Hulu 116 KK 425 Jiwa di Kecmatan Teupah Barat. Kemudian Desa Dihit 28 KK 106 Jiwa di Kecamatan Simeulue Tengah.

Sementara dampak material yaitu, di Desa Awe 10 Unit Rumah, 1 Unit Mesjid. Desa Inor 51 Unit Rumah, 2 Unit Sekolah, Desa Leubah Hulu 116 Unit Rumah, 1 Unit Pustu, 1 unit Kantor Desa, masjid, Posyandu dan Gedung Balai Petermuan Masyarakat. Desa Dihit 28 Unit Rumah, 2 Unit Sekolah. Desa Busung 1 unit jembatan box Plat Beton Ambruk  dalam keadaan rusak berat. Desa Kota Batu dilaporkan satu unit Jembatan Box culvert kondisinya juga rusak berat.

“Upaya yang telah kita lakukan, BPBD langsung melakukan koordinasi dengan pihak Aparat Desa, Koramil dan Polsek di beberapa desa yang terdampak bencana banjir dan melakukan peninjauan ke lokasi banjir bersama instansi terkait, melakukan pendataan korban, pemberian logistik masa panik, pendistribusian perahu karet/polyticilyn agar segera dilakukan upaya penanganan darurat bencana sesuai protap. Sementara estimasi kerusakan dan kerugian masih dalam pendataan,” ujarnya.

Kondisi terkini, dilaporkan air sudah surut serta matrial longsor juga sudah mulai dievakuasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00