• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Pasca Rusuh Wamena, Pemkot Baubau Tingkatkan Deteksi Dini Orang Asing

23 October
14:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Baubau : Tragedi kemanusiaan yang terjadi di Wamena baru-baru ini membuat Pemerintah Kota Baubau Sulawesi Tenggara(Sultra) kini meningkatkan deteksi dini terhadap keberadaan orang asing.

Plt Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik(Kesbangpol) Baubau, Idrus Taufik Saidi mengatakan deteksi dini ditingkatkan untuk mengantisipasi keberadaan orang asing yang aktivitasnya dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Belakangan terakhir ini kan diwilayah Timur Indonesia ada sedikit gejolak kerusuhan Wamena. Baubau juga menerima dampak dari itu dengan adanya ratusan orang yang mengungsi. Pertanyaan besarnya, kejadian kerusuhan itu apakah tidak ditumpangi oleh pihak-pihak lain? Inilah penting kita mendeteksi jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan, "ujar Idrus disela-sela Kegiatan Sosialisasi Instruksi Wali Kota Baubau Tentang Deteksi Dini dan Cegah Dini Di Masyarakat, Rabu(23/10/2019).

Idrus meminta RT/RW untuk turut membantu melakukan deteksi dini terhadap aktivitas orang asing. Bukan hanya orang asing dari warga negara lain, tetapi juga warga negara sendiri yang bukan penduduk dilingkungan tersebut.

Menurutnya, peranan RT/RW sangat penting karena lebih mengetahui serta memahami lingkungannya masing-masing, terlebih jika ada warga atau orang baru khususnya orang asing yang bekerja maupun mengontrak di kawasan tersebut.

"Seyogyanya RT/RW harus membantu ini, karena mereka bagian dari pemerintahan, "tandasnya.

Selain itu, Ia juga meminta warga untuk melaporkan bila menemukan adanya aktivitas orang asing yang mencurigakan dilingkungannya. Pemerintah kata Idrus, melalui instansi terkait berkomitmen akan melakukan penanganan cepat.

Menurutnya, dalam menciptakan suasana yang kondusif, bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan pihak keamanan, melainkan pula dibutuhkan kesadaran semua elemen masyarakat untuk sama-sama memiliki rasa tanggung jawab terhadap keamanan dan kondusifitas dilingkungan masing-masing.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00