• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Dari Dunia Broadcast, Wishnutama Akhirnya Didapuk Jadi Menteri

23 October
11:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Wishnutama Kusubandio sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Wishnu resmi dilantik di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Wishnutama yang lahir di Jayapura, 4 Mei 1970 adalah salah satu pendiri dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi. Sebelumnya, ia adalah Direktur Utama Trans 7, Trans TV serta NET.

Tama menghabiskan masa SMA nya di Kooralbyn International School di Queensland Australia dan di International School of Singapore. Tama menyelesaikan kuliah Liberal Arts di Mount Ida College Boston, Amerika Serikat, namun lebih banyak mendapatkan ilmu komunikasi dan pertelevisian pada saat dia kuliah di Emerson College, Boston. 

Ia memulai karier dari bawah sebagai Production Assistant di New England Cable News Amerika Serikat dan menjadi Assistant Director On Air Promotion di WHDH-TV, Boston. Tama juga pernah mengenyam pendidikan di The Military College of Vermont, Norwich University.

Dimulai pada tahun 1994, ia pulang ke Indonesia dan mulai memasuki karier di dunia broadcasting, ia bekerja di Indosiar sebagai Supervisor On Air Promotion. Setahun kemudian pindah ke divisi produksi sebagai Production Assistant. Kemudian kariernya berkembang menjadi Executive Producer News and Production Division, dan tak berapa lama kemudian meningkat menjadi Production Manager. Program-program yang dilahirkan selama di Indosiar antara lain Pesta, Gebyar BCA, Patroli, Satu Jam Bersama, dan Saksi.

Selanjutnya, pada tahun 2001, Tama pindah ke Trans TV menjadi Kepala Divisi Produksi. Dua tahun kemudian, kariernya menanjak menjadi Direktur Operasional, dan setahun berikutnya menjadi Wakil Direktur Utama/Managing Director. Pada saat pengambilan saham mayoritas TV7 oleh kelompok usaha Para Group pada tahun 2006, ia ditunjuk menjadi Direktur Utama TV7 yang kemudian berubah nama menjadi Trans7. 

Dua tahun kemudian, Wishnutama ditunjuk menjadi Direktur Utama Trans TV. Program-program yang diproduksi Wishnutama selama di Trans Corp antara lain Extravaganza, Dunia Lain, Termehek-Mehek, Opera Van Java, On The Spot, dan Indonesia Mencari Bakat.

Tama juga pernah menerima penghargaan yang  terbaik dari skala nasional maupun Asia, antara lain Asian Television Award dan Panasonic Awards. Ia juga pernah terpilih menjadi The Best CEO in Indonesia 2010 pilihan majalah SWA dan Indonesia Marketing Champion 2015 for the Broadcast, TV Pay & Media sector pilihan MarkPlus . 

Tahun 2018 ia dipercaya untuk menjadi Creative Director (Sutradara Kreatif) Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018. Di luar kariernya di dunia broadcasting, Tama masih sempat menyalurkan hobinya di bidang musik dengan membentuk dan menjadi pemain Band Soulful Corp.

Berikut beberapa penghargaan yang pernah diraih oleh Tama:

1. Best CEO oleh Majalah SWA tahun 2010
2. Indonesia Youngster Inc. versi Majalah SWA
3. Marketeer of the Year 2015 Indonesia Marketing Champion category: Broadcast,TV, and Media
4. The 500 Most Influential CEOs in The World berdasar Richtopia.com tahun 2015
5. The Best Chief Strategy Execution Officer Across All Industries oleh Tempo Media Group The Winner of 2016 Strategy-Into-Performance Execution Excellence (SPEX2) Awards
6. Best Digital Talent - Digital Business Leader Bubu Awards 2017 Indosat Ooredoo IDByte
7. Indonesia's Influential Person in Creative Industry Awards (Television and Radio) IdeaFest 2017
8. The Most Admired CEO in Television Sector versi Warta Ekonomi
9. Tokoh Pemberdayaan 2018 oleh Rumah Zakat Indonesia. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00