• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Bambang Brodjonegoro dan Darah Menteri yang Mengalir di Tubuhnya

23 October
10:45 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Bambang Brodjonegoro menjadi salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (23/10/2019) pagi ini. 

Bila sebelumnya menduduki jabatan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas kini dia ditempatkan sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) merangkap Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). 

Darah menteri memang mengalir di nadi Bambang Brodjonegoro. Ia merupakan putra dari Soemantri Brodjonegoro, yang pernah menjadi Menteri Pertambangan serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di era Orde Baru.

Pria dengan nama lengkap Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro ini pernah menduduki berbagai posisi di pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional merangkap Kepala Bappenas.

Sebelumnya, ia juga menduduki posisi Menteri Keuangan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja dan Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Ia menyelesaikan pendidikan formal tingkat Strata 1 di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia pada 1990. Konsentrasi bidang studi yang ditekuni adalah Ekonomi Pembangunan dan Ekonomi Regional.

Setahun berikutnya, adik dari mantan Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemendiknas, Satrio Soemantri Brodjonegoro ini melanjutkan pendidikan formal tingkat magister (1991-1993) pada University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, sekaligus melanjutkan program doktoral di universitas yang sama hingga 1995.

Banyak kebijakan stategis yang berada di bawah kewenangannya. Saat menjabat sebagai Menteri Keuangan, Bambang mengolkan kebijakan tax amnesty atau pengampunan pajak. Saat menjabat sebagai Menteri PPN ia menggawangi rencana pemindahan ibu kota.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00