• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Korban Tewas Kebakaran Cimahi Dipastikan Hanya 1 Orang

30 November
00:00 -0001
0 Votes (0)

KBRN, Cimahi : Korban kebakaran pipa minyak Pertamina saat pengerjaan pemasangan tiang pancang  di Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung di Melong Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi Selasa (22/10/2019), dipastikan hanya satu orang. 

"Korban merupakan warga negara asing berkebangsaan China atas nama Li Xui Peng yang merupakan operator alat berat crane," Ungkap Kepala Kepolisian Sektor Cimahi Selatan Kompol Sutarman kepada Radio Republik Indonesia, Rabu(23/10/2019).

Setelah kebakaran kata Sutarman, petugas kepolisian langsung melakukan penyelidikan dilokasi kejadian untuk memastikan adanya korban dalam kejadian tersebut, apalagi adanya informasi yang simpang siur yang tentang korban jiwa yang meninggal dunia.

"Sejauh ini hasil pantauan kami, hasil penyelidikan kita, hasil inventarisir dari karyawan-karyawan yang mengadakan kegiatan pekerjaan kemarin, ternyata sudah lengkap semua. Yang bekerja kemarin ada 13 orang, 10 orang WNI lengkap dan 3 WNA China. Dari yang 3 itu, yang 2 ada dan yang satu meninggal dunia adalah sebagai operator Crane," jelasya.

Jenazah kata Sutarman,  kemudian dievakuasi ke rumah sakit Polri Sartika Asih Bandung untuk dilakukan otopsi dan identifikasi.

Menurutnya,  peristiwa kebakaran itu berlokasi di pinggir jalan tol Purbaleunyi arah Jakarta menuju Bandung tepatnya di km 130, Kampung Mancong RT.2/RW.O1 Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi.

"Saat itu para pekerja sedang melakukan pemasangan tiang pancang jalur rel kereta cepat Jakarta Bandung yang dikerjakan oleh PT.Kereta Cepat Indonesia China(KCIC), dan mengenai saluran pipa BBM milik Pertamina dari kilang Cilacap menuju Depo Pertamina Padalarang Kabupaten Bandung Barat," paparnya.

Untuk memadamkan api, diturunkan sebanyak 25 unit mobil pancar dan resqiu  dari pemadam kebakaran Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat serta penutupan pipa dari Cilacap di kilometer 138 dan dari Padalarang di kilometer 127 untuk pemblokiran BBM didalam pipa agar api tidak menjadi lebih besar lagi.

"Paska kejadian, tadi malam tim gabungan melakukan pemasangan tanggul agar air campur minyak tidak masuk pemukiman warga,  karena dikawatirkan bisa menimbulkan kebakaran lanjutan. Juga dilakukan Kanalisasi  dan penyekatan serta penyedotan dengan  menggunakan  mobil damkar milik Pertamina," terangnya.

Sementara itu pada peristiwa kebakaran, jalur tol dari arah Padalarang menuju Kota Bandung ditutup hingga malam hari, sedang jalur tol arah Bandung menuju Jakarta tetap dibuka. Saat ini arus lalu lintas ditol dari kedua arah sudah kembali berjalan normal.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00