• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BMKG Perkirakan Fenomena Panas Berlangsung Seminggu

22 October
21:51 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Fenomena panas yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia diperkirakan akan berlangsung sampai satu Minggu ke depan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan, fenomena itu sangatlah wajar. Karena saat ini, posisi matahari berada lebih dekat dengan garis khatulistiwa jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Nah, karena peredaran bumi yang terus mengitari matahari, maka posisi matahari akan semakin menjauh dengan garis khatulistiwa. 

"Dengan berjalannya waktu, posisi matahari ini akan semakin bergerak ke arah selatan," katanya saat berbincang dengan Radio Republik Indonesia, Selasa (22/10/2019).

Akhirnya, panas di beberapa daerah di Indonesia pun akan berkurang drastis. Perkiraan Dwikorita, kondisi panas tersebut akan berakhir dalam satu minggu ke depan.

"Sehingga sumber panas itu juga nantinya juga kira-kira dalam waktu kira-kira satu Minggu ke depan juga akan bergeser ke arah selatan dan diharapkan saat itu proses pembentukan awan juga akan lebih intensif dan tentunya suhu udara panas ini diharapkan juga sudah akan semakin berkurang," pungkasnya. (Foto: bmkg.go.id)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00