• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Kemarau Berkepanjangan, Sumur Warga Kendal Mulai Mengering

22 October
16:10 2019
0 Votes (0)

KBRN, Kendal : Kemarau panjang yang masih terjadi di Kabupaten Kendal hingga pertengahan bulan Oktober mulai memberikan dampak kepada masyarakat di lima Kecamatan di Kabupaten Kendal, Selasa (22/10/2019).

Krisis air bersih menjadi salah satu permasalahan yang dialami warga, sebagian warga harus membeli air bersih maupun menunggu adanya bantuan droping air bersih dari Palang Merah Indonesia (PMI) maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal.  

Salah satu warga Dusun Suking Sumberejo Kaliwungu Kendal Kastilah mengatakan jika ia harus mengeluarkan Rp 2500/jeriken. Sementara untuk sumber air warga sendiri seperti sumur telah mulai mengering. 

“Untuk kebutuhan air bersih setidaknya membeli dua sampai tiga jerigen per harinya, sehingga memberatkan warga karena menyiapkan tambahan uang belanja. Sulitnya air ini sudah 3 bulan kurang lebih,” terang Kastilah. 

Sementara Ketua PMI Cabang Kendal Budi Mulyono mengatakan jika PMI sudah melakukan droping air di 5 wilayah Kecamatan tersebut dengan pasokan 6000 Liter.

“Kita telah memberikan droping air bersih ini di 5 Kecamatan yang memang benar-benar mengalami kesulitan air bersih, diantaranya Kaliwungu, Sukorejo, Pegandon, Patean dan Patebon,” jelas Budi Mulyono.

Adapun droping yang dilakukan oleh PMI Cabang Kendal dilakukan selama 2 hari sekali dan akan dilakukan sampai musim penghujan yang diperkirakan terjadi di awal bulan November.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00