• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Fitra Dorong Peran Calon Jaksa Agung Perkuat Pembangunan dan Selamatkan Aset

22 October
14:08 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komitmen Pemerintahan Jokowi-Maruf terkait pemberantasan korupsi sangat tegas untuk menyelamatkan aset negara dan mempercepat pembangunan. Peneliti Seknas Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Gunardi Ridwan menyebut posisi Kejaksaan Agung strategis dalam memaksimalkan penggunaan anggaran untuk pembangunan dan menjaga aset negara.

Seknas Fitra menyoroti upaya mengawal dan menyelamatkan anggaran negara yang diselewengkan triliunan rupiah, seperti kasus penindakan di Jawa Timur baru baru ini yang menyelamatkan uang negara Rp5 triliun. Untuk itu, Jaksa Agung periode Pemerintahan Jokowi-Maruf harus independen dari Partai Politik agar tidak ada intervensi darimana pun.

"Tidak hanya soal hukum, ada juga penindakan-penindakan di daerah, terakhir kita tahu di Jawa Timur bagaimana peran Kejaksaan dalam menyelamatkan aset negara, aset di daerah sampai 5 triliun rupiah, itu kan posisi strategis, kalau berafiliasi dengan Parpol, korporat sebagainya celah hukum menjadi tumpul," ungkap Gunardi Ridwan kepada RRI di diskusi Mencari Jaksa Agung Profesional dan Independen di Jakarta, pada Selasa (22/10/2019).

Gunardi mengungkapkan ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus dilakukan Jaksa Agung Pemerintahan Jokowi-Maruf 5 tahun ke depan, diantaranya mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) sebanyak lebih dari 500 Satker di Indonesia, serta integritas penegak hukum dalam mengawal penyerapan anggaran negara dan penegakan kasus tindak pidana korupsi yang banyak merugikan anggaran negara.

"Banyak PR yang harus dirapihkan oleh Kejaksaan ke depan, bagaimana tata kelola SDM di Kejaksaan, sampai pelosok bagaimana kualifikasi dan kualitasnya," kata Gunardi.(QQ)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00