• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Icuk Sugiarto Jadi Calon Menpora, Roy Suryo: Kacamata Saya Positif

21 October
20:46 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Sea Games Manila, Filipina, sudah di depan mata alias hanya menghitung hari saja. Kemudian ada Olimpiade serta rencana besar mengajukan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang.

Lalu apabila pengubahan nomenklatur terhadap Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjadi Badan Khusus Olahraga Perubahan memang terjadi, apakah ada hubungannya dengan perhelatan olahraga yang akan diikuti Indonesia, semisal yang terdekat Sea Games Manila?

Hal ini menjadi salah satu yang menarik perhatian Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI ke-11, Roy Suryo dalam perbincangan bersama Danang Sundoro di program Dinamika Olahraga Sore RRI, Senin (21/10/2019).

"Soal Sea Games sudah clear. Chief De Mission (CMD) sudah ada. Tapi untuk ke depan ini penting diatur atau ibaratnya dilakukan penyeragaman langkah, soal teknis sea games berikut komunikasi internal di dalamnya," sebut Roy Suryo kepada RRI.

Penyeragaman langkah dan lain sebagainya itu perlu dilakukan jika memang perubahan nomenklatur serta perampingan dengan menyerahkan pengelolaan sektor kepemudaan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadi kenyataan dalam sepekan ke depan.

Artinya sudah selesai, Indonesia tetap ikut Sea Games dengan semua target yang dibebankan pemerintah kepada pengurus masing-masing cabang olahraga (cabor). Tapi yang menarik di sini adalah, jika Tim Indonesia nantinya berangkat Sea Games di bawah Badan Khusus Olahraga Perubahan dan bukan lagi Kemenpora, kira-kira siapa pucuk pimpinan badan tersebut? Karena pastinya pimpinan itulah yang akan melepas para atlet.

BACA JUGA: Sektor Pemuda Urusan Kemendikbud, Roy Suryo : Riskan, Tapi Itu Hak Presiden

Berdasarkan berita yang santer belakangan ini, mencuat nama legenda bulu tangkis Indonesia, Icuk Sugiarto. Okelah, kesampingkan sementara Badan Khusus Olahraga Perubahan, sematkan saja dulu Icuk Sugiarto calon Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI.

Lalu apa komentar Roy Suryo?

"Sisi olahraga Icuk ok ya. Tetapi menurut saya, kalau langsung naik jadi Ketua Badan Olahraga atau Menpora, yang ditakutkan perhatian di cabang olahraga bulu tangkis menjadi lebih tinggi dibandingkan cabor lainnya atau non bulu tangkis," ucap Roy.

Untuk membuktikan ucapannya, dirinya lantas memberikan contoh nyata ketika memiliki seorang staf khusus mantan pemain bulu tangkis nasional. Yang diperhatikan, kata Roy, sejauh yang dilihatnya memang hanya cabor yang terkait dengan staf khususnya tersebut.

Dengan kata lain, konsentrasinya hanya untuk cabor bulu tangkis, maksudnya porsi perhatian lebih besar ke sana, tanpa bermaksud melupakan yang lainnya.

"Itu salah satu contoh. Ya saya sebut saja, mbak Ivana waktu itu, staf khusus saya mantan pemain bulu tangkis. Jadi perhatian dia hanya pada cabor itu saja. Dan Pak Icuk juga sempat berada di tempat yang sama ketika era Menpora Pak Adhyaksa Daud. Jadi ini semacam sebuah pengalaman saja," imbuhnya.

Tapi Roy mengingatkan, walaupun seolah penilaiannya berpotensi membentuk persepsi bahwa belum saatnya Icuk Sugiarto memimpin Kemenpora, tak ada maksud menafikan peran atau kelebihan serta pengabdian seseorang. Apa yang diucapkannya hanya sebatas menilai, tentunya dengan kacamata positif.

Karena baginya, kalau mau jujur, dalam konteks menilai calon pemimpin sebuah lembaga atau institusi, ia selalu berpegang pada prinsip berpikir positif bahwa siapapun yang ditunjuk pasti bakal mengemban tugas dengan sebaik-baiknya.

"Siapapun yang ditunjuk akan bisa mengemban tugas dengan baik. Tapi (pesan Roy), jangan lupakan soal kepemudaan. Jangan sampai (sektor pemuda) jadi anak ayam kehilangan induk," pungkasnya.

Bagaimana komentar Icuk Sugiarto?

Dihubungi terpisah mengenai kabar bahwa ia menjadi salah satu calon Menpora RI, Icuk Sugiarto enggan mengomentari. Tapi dirinya tak mengelak alias mengakui bahwa sudah menyerahkan CV dan dokumen terkait lainnya kepada pihak Istana, seperti yang diminta Presiden Joko Widodo.

"Menpora? no comment dulu mas," kata Icuk kepada RRI. (Foto: Istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00