• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Wisata Pantai Donggala, Dari Debu Bencana Mereka Bangkit

20 October
21:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Bagi sebagian orang, tsunami dan gempa Palu-Donggala pada September 2018 katanya masih terus membekas. Warga terdampak dinilai masih terpuruk akibat bencana maha dahsyat yang merenggut paksa separuh peradaban masyarakat Sulawesi Tengah tersebut. Benarkah seperti itu? Ternyata tidak!

Kawasan Pantai Tanjung Karang, Donggala, Sulawesi Tengah, sudah dibuka sejak lama ditutup akibat terisolasi bencana tsunami Teluk Donggala. Aneka perlengkapan mandi dan snorkeling mulai dipajang untuk disewakan kepada wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang.

Bahkan menurut warga setempat yang menjalankan usaha wisata air dan persewaan perlengkapan di sana, setiap akhir pekan jumlah kunjungan semakin bertambah ramai walau masih didominasi wisatawan lokal saja. Hal itu nampak dari suasana warga yang datang untuk menikmati wisata air Pantai Tanjung Karang, Donggala, Minggu (20/10/2019).

Warga yang berkunjung juga nampak sudah tidak takut atau canggung untuk berwisata air secara maksimal. Mereka bahkan dengan riang gembira mencoba wahana 'banana boat' yang memang disediakan pelaku wisata di Pantai Tanjung Karang.

Pada bagian lain, kawasan kuliner di Banawa, Donggala, juga mulai menggeliat. Bahkan warga setempat membuat sebuah kreasi sederhana namun berhasil menarik minat para pengunjung, yakni kerajinan yang terbuat dari buah kelapa, yang dipajang di sebuah warung di Banawa, Donggala, Sulawesi Tengah, Minggu (20/10/2019). 

Bahkan sangat luar biasa, kerajinan tangan dari buah kelapa yang dibentuk aneka ukiran rupa menyerupai wajah tokoh itu telah menembus pasar luar negeri seperti Jerman, Belanda, dan Swiss, dimana sebagian besar diminati untuk kebutuhan koleksi.

Dari debu bencana mereka bangkit, melawan keterpurukan dengan keberanian dan semangat yang menyala.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00