• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Ciptakan SDM Unggul, Ini Pesan Politisi PDIP untuk Jokowi

20 October
21:41 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : PDI Perjuangan menyambut baik program pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin. Utamanya terkait ingin membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, I Wayan Sudirta menilai, program pembangunan SDM unggul merupakan hal yang sangat positif. Untuk itu, pemerintah harus fokus dengan pembangunan dunia pendidikan.

"Dengan kata lain, SDM unggul mewajibkan kita satu, menjaga gizi ibu hamil dan anak-anak sekolah," katanya kepada Radio Republik Indonesia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Yang kedua menurut Wayan, yakni membangun kualitas pendidikan sejatinya bermuara pada tiga hal utama. Yakni output atau siswa yang belajar memegang teguh kejujuran, disiplin, dan kerja keras.

Ketiga, lanjutnya, mestinya pemerintah lebih fokus dengan pendidikan dasar dan pendidikan tinggi. Jangan sampai anggaran pendidikan lebih terfokus pada departemen-departemen di jajaran pemerintah.

"Kalau anggaran kita fokus pada Dikti dan pendidikan dasar, cukup dan pasti kualitas pendidikan kita meningkat," tegasnya.

Keempat, tambah dia, pemerintahan Jokowi-Maruf juga harus memperhatikan kualitas guru sebagaimana yang dilakukan oleh negara-negara lain yang sudah maju.

"Anak-anak yang baik sebelum tamat sekolah di Jepang itu sudah direkrut dan dicalonkan menjadi guru dengan berbagai fasilitas yang memadai dan baik," imbuhnya.

"Tapi selama ini rekrutmen guru tidak memadai, banyak compang-campingnya, kemudian anggarannya banyak jatuh ke departemen yang lain, sehingga pendidikan kita masih terseok-seok," pungkas Banteng Senayan ini. (Foto:YouTube)
 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00