• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Tantangan dan Kesempatan Indonesia Wujudkan Cita-cita

20 October
17:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Potensi Indonesia untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah sangat besar. Saat ini, Indonesia sedang berada di puncak bonus demografi, di mana penduduk usia produktif kita jauh lebih tinggi dibandingkan usia tidak produktif.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo dalam pidato selepas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2019-2024, Gedung DPR-MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Ia juga menuturkan bahwa tantangan dan kesempatan menjadi dua mata koin yang akan didapatkan oleh Indonesia. Menurutnya jika bonus demografi bisa dimanfaatkan oleh Indonesia maka Indonesia akan mewujudkan cita-citanya yang ingin dicapai pada tahun 2045, sementara jika tidak hanya akan berakhir dengan banyak pengangguran dan kemiskinan menimpa kembali negeri ini.

"Ini adalah tantangan besar dan sekaligus juga sebuah kesempatan besar. Ini menjadi masalah besar jika kita tidak mampu menyediakan kesempatan kerja. Tapi akan menjadi kesempatan besar jika kita mampu membangun SDM yang unggul. Dengan didukung oleh ekosistem politik yang kondusif dan dengan ekosistem ekonomi yang kondusif," tutupnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00