• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Tiga Daerah Ini Tak Disangka Jadi Destinasi Wisata

19 October
21:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Tidak semua tempat wisata itu berawal dari sesuatu yang indah. Kadang sebuah tempat yang kurang menarik, bahkan tak disangka khalayak, tiba-tiba bisa berubah menjadi destinasi wisata masyarakat daerah sekitar tempat itu. Bahkan seiring berjalannya waktu bisa dikenal dan dikunjungi wisatawan luar daerah.

Berikut ini 3 (tiga) tempat wisata yang bisa menjadi tujuan wisata masyarakat, padahal tak satu orang menyangka tempat itu bisa diubah menjadi unik dan menarik dikunjungi.

Taman Suruh, Banyuwangi

Semua wisatawan yang masuk ke taman ini sangat menikmati suasana kebun bunga layaknya di Netherland. Taman Suruh, Banyuwangi, Jawa Timur, adalah lahan tandus seluas delapan hektar yang tadinya luput dari perhatian orang. Tapi siapa menyangka bisa diubah menjadi taman bunga indah seperti negeri Belanda.

Kampung Kerbau Bulakpepe, Ngawi

Semua berawal dari mayoritas warga desa yang memelihara satu jenis hewan ternak turun temurun, yakni kerbau. Akhirnya, sampai sekarang, kawasan hutan jati Desa Bulakpepe, Widodaren, Ngawi, Jawa Timur, dikenal luas dengan sebutan Kampung Kerbau.

Mayoritas warganya memelihara kerbau hingga puluhan ekor sebagai tradisi turun temurun, sehingga rutinitas menggembala serta memandikan ratusan kerbau setiap sore menjadi atraksi unik bagi wisatawan yang berkunjung ke sana. 

Habitat Elang Bondol di Kuala Jambi

Nelayan biasa mencari ikan di Muara Sungai Batanghari, Kuala Jambi, Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi. Suasana sehari-hari dengan perahu yang hilir mudik selalu menjadi tontonan rutin pastinya. Akan tetapi tahukah apa yang tersembunyi dibalik pemandangan rutin tersebut?

Ternyata wilayah pesisir Kuala Jambi, Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi, tepatnya di hutan bakau yang meranggas di muara Sungai Batanghari, menjadi habitat Elang bondol (Haliastur indus).

Pemandangan kawanan elang bondol menerkam air mencari ikan, merangsek daratan mencari hewan melata untuk santap siang, sampai hanya bertengger gagah dengan mata nan tajam mencari gerakan mangsa, menjadi daya tarik wisata tersendiri di daerah itu.

Kuala Jambi yang berada di pesisir pantai timur Sumatera dan dihuni oleh banyak nelayan tersebut merupakan bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Daerah (KSPD) Sungai Batanghari yang saat ini tengah dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat menjadi daerah tujuan wisata minat khusus dengan atraksi budaya lokal, salah satunya tradisi melaut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00