• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Jelang Pelantikan Presiden-Wapres, Indonesia Tetap Melaju Kencang

19 October
11:19 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin, Minggu, 20 Oktober 2019 esok hari, semua kegiatan baik investasi, ekonomi, olahraga, sampai geliat pangan rakyat tetap berjalan sebagaimana mestinya bahkan cenderung melaju dengan kecepatan cukup positif.

Dimulai dengan kegiatan p[engamanan dari TNI AD yang sudah menyiagakan kendaraan taktis jenis Panser Anoa 6x6 menjaga sejumlah kawasan ekonomi strategis Jakarta, salah satunya di depan LTC, kawasan Glodok, Jakarta, Jumat (18/10/2019). 

Penjagaan tersebut guna memberikan rasa aman bagi warga masyarakat menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo - Ma'ruf Amin pada 20 Oktober 2019.

Penyiagaan pengamanan dari petugas ternyata direspons positif oleh para investor. Berdasarkan pantauan pergerakan saham Bursa Efek Indonesia pada penutupan Jumat sore, 18 Oktober 2019, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) penutupan menguat 10,93 poin atau 0,18 persen ke level 6.191,95. Sejak pelemahan beberapa hari lalu, rupanya pasar mulai positif dengan kepastian pelantikan pimpinan nasional baru di Indonesia.

Beranjak pada ketersediaan beras Bulog jelang pelantikan bahkan hingga akhir 2019 mendatang, Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog Budi Waseso menyatakan, stok beras jelang akhir tahun dan dalam suasana politik seperti saat ini dipastikan aman dengan jumlah 2,3 juta ton. Salah satu gudang Bulog di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, tetap berkegiatan seperti biasanya dengan kesibukan yang sama.

Dari sektor keuangan dan perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) mendukung penuh kegiatan Pekan Inklusi Keuangan yang berlangsung di Kota Kediri, Jawa Timur. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 33 industri jasa keuangan untuk menyosialisasikan transaksi non tunai kepada masyarakat. Dalam pantauan sejak kemarin, masyarakat antusias dengan berbondong-bondong ingin mengetahui lebih detil perihal transaksi non tunai.

Dari sektor pangan, walaupun Indonesia sedang mempersiapkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, perusahaan susu kemasan Frisian Flag tetap melangsungkan program Farmer2Farmer, bagi para peternak sapi perah di Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (18/10/2019). 

Produksi susu para peternak binaan Frisian Flag tersebut meningkat sekitar 15-18 liter per ekor sapi dalam satu harinya. Padahal sebelumnya mereka hanya mampu menghasilkan 8-12 liter per hari dari satu ekor sapi. Dengan perawatan hewan, kandang, pemberian pakan yang baik, serta proses pemerahan yang benar, ternyata membawa peningkatan yang cukup signifikan.

Dari olahraga, persiapan tim Indonesia menghadapi Sea Games Manila, Filipina 2019 yang tinggal menghitung hari tak terpengaruh jadwal pelantikan Presiden dan Wapres. Hal itu terpantau dari Cabang Olahraga (Cabor) Panahan yang tetap menggelar latihan rutin untuk semua atlet yang turun di Sea Games dari kelas putra maupun putri. Pengurus Pusat Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PP Perpani) mendaftarkan 16 atlet untuk mengikuti SEA Games 2019 Filipina.

Dalam persiapan jelang Sea Games, sebut saja atlet panahan andalan Indonesia seperti Linda Lestari, Diananda Choirunisa, Prima Wisnu Wardhana, Ega Agata Salsabilla, tetap berlatih serius di pemusatan latihan Lapangan Panahan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (18/10/2019). 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00