• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Hangatnya Silaturahmi Terkahir Presiden Jokowi dengan Wapres JK dan Kabinet Kerja

18 October
16:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Suasana hangat, cair, dan akrab tergambar dari silaturahmi terakhir antara Presiden Joko Widodo dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para Menteri dari Kabinet Kerja di Istana Negara pada Jumat (18/10/2019). Hampir semua menteri datang mengenakan pakaian bernuansa batik. 

Tidak hanya menu-menu yang dihidangkan secara spesial, namun juga hiburan musik juga menjadi salah satu suguhan dalam acara silaturahmi tersebut. Bahkan, tak segan-segan, para menteri yang tergabung dalam Elek Yo Band juga ikut memberi persembahan terakhir untuk moment kebersamaan mereka di Kabinet Kerja. Mereka menyanyikan lagu legendaris milik Frank Sinatra, My Way. Secara kompak mereka bernyanyi dalam harmoni. 

Dalam acara tersebut, Presiden Joko Widodo juga memberikan sambutan ringan dan santai, dimana ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kerja keras tiada kenal letih serta dedikasi dari Wakil Presiden Jusuf Kalla dan juga para menteri tentunya. Tak lupa, Jokowi juga mengungkapkan permohonan maaf atas hubungan pekerjaan selama lima tahun terakhir ini, yang kerap dihubungi baik pagi-pagi atau waktu Subuh dan juga tengah malam. 

"Mohon maaf mungkin dalam 5 tahun ini kita baru bertemu agak santai hari ini, pas akhir-akhir kita bertemu, baru ada yang nyanyi. Biasanya kalau nggak ratas, rapat, rapat paripurna. Saya juga minta maaf, sering bapak ibu saya ganggu tengah malam. Saya nggak sekali dua kali telpon ke Pak Tito, Kepala BIN, Bu Menteri Keuangan tengah malam saya telp. Bu Menteri Retno Marsudi, Pak Basuki juga sama. Saya kira itu gangguan-gangguan yang sering saya harus lakukan, karena negara ini memerlukan kerja kita semua." Ujar Jokowi dalam sambutan ringannya. 

Bahkan, Jokowi juga mengungkapkan kesan tersendiri tentang Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang menurutnya memiliki segudang pengalaman. Menurut Jokowi, bekerja sama dan bertukar pikiran dengan JK yang memiliki banyak pengalaman, merupakan hal yang paling berkesan dalam lima tahun terakhir dirinya bersama JK. 

"Beliau ini, Pak JK yang punya pengalaman di segala bidang. Beliau pernah jadi pengusaha, pernah jadi Ketua Umum Partai Golkar, di politik. Pernah jadi menteri, menko, wapres, semuanya pengalaman beliau pernah memiliki. Oleh sebab itu, entah pagi, subuh, tengah malam, kita selalu, baik lewat telpon, bertemu muka, itu yang sangat baik bagi saya dalam bertukar pikiran untuk memutuskan setiap hal yang sangat penting bagi negara ini." Ujar Jokowi yang langsung disambut senyum oleh Wapres JK. 

Sementara itu, Wapres Jusuf Kalla menyebutkan, hampir semua moment bekerja sama dengan Presiden Jokowi dapat dikatakannya selalu menarik. Tak lupa ia juga menaruh harapan, agar Presiden Jokowi bersama dengan Kabinet baru mendatang dapat bekerja dengan gigih hingga meraih kesuksesan, tentunya dengan dukungan dan doa dari dirinya beserta dengan para menteri yang sudah tidak bekerja di kabinet mendatang. 

"Bagi teman-teman yang akan mengemban tugas bersama Bapak Presiden lagi, saya sampaikan selamat bekerja. Semoga semuanya sukses kita doakan. Bagi teman-teman yang ikut sama saya, artinya istirahat, kita lanjutkan mendukung (pemerintah), beri pandangan, dan juga harapan kepada presiden dengan tim yang akan datang." Ujar JK.

 Kebersamaan Presiden Jokowi dan Wapres JK dengan para menteri di Kabinet Kerja ditutup dengan begitu manis. Kesan indah dalam kebersamaan begitu terpancar. Bahkan, dukungan dan doa disampaikan kepada Presiden Jokowi dan kabinet barunya mendatang. Namun, bagi mereka yang sudah tidak lagi bergabung dalam kabinet Jokowi mendatang, doa dan dukungan penuh disampaikan, agar kelak kesuksesan menyertai pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih KH Ma'ruf Amin.

Rekomendasi Berita
tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00