• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Pancaroba, Potensi Bencana Puting Beliung Ancam Warga Malang 

18 October
14:31 2019
1 Votes (5)

KBRN, Malang: Warga Malang diimbau mewaspadai potensi ancaman bencana puting beliung di masa peralihan musim atau pancaroba dari kemarau ke musim penghujan seperti saat ini. Meski musim hujan diprediksi datang awal November, namun gejala bencana hidrometeorologi mulai menampakkan ancamannya. 

Di wilayah Malang Raya, cuaca selama sepekan terakhir cenderung panas. Namun panas yang tinggi menjadi penyebab terjadinya perubahan angin. "Angin ini merupakan udara yang bergerak dari panas menuju dingin. Semakin panas cuacanya, akan memungkinkan terjadinya puting beliung. Karena saat panas, bergerak menimbulkan angin kencang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, Alie Mulyanto, Jumat (18/10/2019).

Di Kota Malang, sudah dua kejadian angin puting beliung. Kejadian pertama pada 11 Oktober lalu di Jalan Kenikir Bumiayo Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Saat itu, angin kencang membuat rumah seorang warga bernama Untung roboh. Rumah tersebut mengalami kerusakan parah di bagian struktur atap dan dinding. 

Kejadian berikutnya di kantor LPP RRI Malang di Kecamatan Lowokwaru Kota malang. Angin kencang yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIB ini membuat atap kantor mengalami kerusakan. "Kami berharap masyarakat mewaspadai potensi bencana ini, jika sudah tau potensi, harus mengetahui upaya penyelamatan diri ketika bencana terjadi," imbau Ali.

Menurutnya, ketika terjadi bencana angin kencang, masyarakat dilarang untuk berlindung di bawah pohon yang tinggi ataupun bangunan yang rawan roboh. "Kalau di RRI ada tower yang sangat tinggi, waspada juga, jangan berada di bawah tower," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00