• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

75 Atlet Panjat Tebing Ikut Kejurnas Economic Open Climbing Contest Ke 4 di Mataram

16 October
21:01 2019
1 Votes (1)

KBRN, Mataram : Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Mataram, menggelar Kejuaraan  Nasional Terbuka  Panjat Tebing    atau Economic Open Climbing Contest ke 4 yang berlangsung di Gelanggang Pemuda Mataram, tanggal, 16 - 19 Oktober 2019.

75 peserta atlet  panjat tebing  berasal  dari  Kabupaten/Kota diseluruh  Indonesia  memperebutkan piala Gubernur NTB.

Kegiatan kejuaraan nasional    tersebut  dibuka resmi,  Rabu  ( 16/10/2019) sore,  oleh  Kepala Dinas Dispora NTB, Ir. Husnanidiaty Nurdin, MM, mewakili Gubernur NTB, Doktor Zulkieflimansyah.

75  peserta atlet panjat tebing ini   akan mengikuti pertandingan dari berbagai kategori  yang di lombakan yaitu kategori lead  perorangan yang diikuti   putra-putri dari Mapala.

Kemudian lead perorangan umum untuk putri-putri, lalu ada kategori speed, yang diikuti peserta  umum putra-putri.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi NTB, Ir. Husnanidiaty Nurdin, dalam sambutannya menyatakan, Gubernur NTB, Doktor Zulkieflimansyah, memberikan  apresiasi  kepada panitia Fakultas Ekonomi Bisnis yang menyelenggarakan Kerjurnas  dengan label Economic Open#4 Climbing Contest 2019.

“Karena bapak Gubernur berada diluar daerah, sehingga  saya ditugaskan untuk memulai membuka  kegiatan yang besar   yaitu  Kejurnas Panjat Tebing ini,”  ucap Husnanidiaty Nurdin.

Kenapa di sebut Kejurnas panjat tebing, karena para peserta   berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, seperti  dari Padang,   dari   Bandung, Bogor, dari Jogya,  ada juga dari Bali dan NTB sendiri.

Kemungkinan para peserta akan bertambah mengingat penutupan pendaftaran ulang akan dilakukan  sampai malam ini,  sehingga para peserta   dari daerah lain masih bisa diterima untuk melakukan pendaftaran.

“Kamis (besok red)  dipastikan,  para atlet akan memulai pertandingan,”  ujarnya.

Husnanidiaty,  menegaskan  olahraga panjat   tebing,  merupakan olahraga yang harus  betul-betul  dipersiapkan sebaik mungkin  oleh para  atletnya, karena yang namanya memanjat perlu kelenturan tubuh dan kekuatan otot  tangan dan kaki.

Selain itu, juga  para atlet harus memiliki  keterampilan memanjat  melewati poin diwall untuk mencapai poin  dititik akhir yang ditetapkan oleh pihak panitia.

Kejuaraan nasional panjat tebing  yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Mataram ini, merupakan  kesekian kalinya  digelar.

Kegiatan pertama  digelar pada   tahun 1998,  kedua pada tahun 2000 dan ketiga  digelar pada tahun 2002 dan sekarang ke 4  kalinya ditahun 2019.

Acara pembukaan ditandai dengan pemasangan point pertama pada wall, oleh Kadispora Ir. Husnanidiaty, MM,  yang menandai  Kejurnas  Economic  Open Climbing Contest  Ke 4 tahun 2019 di Mataram  siap digelar.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut,  Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, Doktor Muaidy Yasin, MS, serta   Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis,  pengurus  Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) NTB, para mahasiswa pencinta alam serta  para atlet penjat tebing yang  mengikuti Kejurnas tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00