• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

OTT di Medan, KPK Amankan 7 Orang dan Sita Uang Tunai Rp 200 Juta

16 October
09:27 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembai melakukan penindakan di lapangan atau Operasi Tangkap Tangan (OTT). Salah satu pihak penyelenggara negara atau kepala daerah yang diamankan adalah Dzulmi Eldin, Wali Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan di Jakarta menjelaskan OTT KPk di Medan ini diduga terkait adanya setoran atau upeti yang diterima Dzulmi Eldin dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan.

"Diduga ada setoran dari dinas-dinas ke kepala daerah," kata Febri Diansyah di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Namun hingga saat ini, Febri rupanya belum bersedia menjelaskan dinas mana saja yang telah menyetorkan uangnya kepada atasannya yaitu Dzulmi Eldin. 

"KPK mengamankan sejunlah barang bukti berusia uang tunai lebih dari Rp 200 juta, diduga praktik setoran dari dinas-dinas, diduga praktik ini sudah berlangsung beberapa kali," kata Febri Diansyah kepada wartawan di Jakarta. 

Febri menjelaskan, KPK dalam OTT ini juga mengamankan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum kota Medan hingga ajudan Walikota Medan Dzulmi Eldin.

"Total 7 orang diamankan, masing-masing dari unsur Kepala Daerah, Kepala Dinas PU, protokoler dan ajudan wali kota dan pihak swasta," pungkas Febri Diansyah.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00