• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Anies Baswedan Menilai Program Normalisasi Sungai Ciliwung Tidak Efektif Mengatasi Banjir

16 October
01:25 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai program normalisasi Sungai Ciliwung tidak efektif mengatasi banjir. Sebab, anies menemukan wilayah yang sudah dilakukan normalisasi sungai tetapvterjadi banjir.  Salah satu contohnya yaitu kawasan Kampung Melayu yang di landa banjir, padahal kawasan kampung melayu sudah dilakukan normalisasi. Dan justru banjir terjadi di kawasan yang sudah dilakukan normalisasi.

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Menurut Anies, masalah bukan di bagian hilir sungai, melainkan di bagian hulu. Untuk itu, penanganan lebih baik dilakukan di bagian hulu.  Karena masalahnya volume air yang dari hulu itu tidak dikendalikan

"Bagaimana kita menangani banjir di Jakarta, selama volume dari hulu tidak di kendalikan, sebesar apapun yang kita buat, secepat apapun yang kita buat tidak akan dapat mengatasi, karena menghadapi permukaan tanah yang lebih rendah dan permukaan air laut yang lebih tinggi,” ungkap Anies di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Anies berkeyakinan apa pun usaha mengatasi banjir di hilir akan percuma jika tak ada upaya penanganan di hulu. Anies pun berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC). Menurutnya cara membangun kolam-kolam  retensi di hulu hingga volume yang masuk ke jakarta akan  terkendali

"Karena itu startegi yang kita dorong membangun kolam-kolam retensi di hulu sehingga volume yang masuk ke jakarta dapat terkendali,” kata Anies.

Meski begitu, Anies tidak meninggalkan pengelolaan di hilir, seperti normalisasi Ciliwung. Anies tetap akan melanjutkan program sodetan Ciliwung di Bidara Cina, Jakarta Timur.

Tujuannya untuk mempercepat mengeksekusian agar air tidak masuk ke sisi hilir di Jakarta yang selebar apapun sungainya, akan sulit menampung volume air.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00