• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK Tetapkan 4 Orang Sebagai Tersangka, Termasuk Bupati Indramayu Supendi

15 October
22:29 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Penyidiik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Supandi Bupati Indramayu (Jawa Barat) malam ini telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) suap berkaitan dengan proyek di Dinas PUPR. 

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan saat menggelar acara jumpa pers di Jakarta mengatakan Supendi diduga menerima suap untuk memuluskan pihak swasta mengerjakan proyek itu.

"KPK menetapkan 4 orang tersangka,  termasuk diantaranya Bupati Indramayu (Supendi” kata Basaria Pandjaitan di Gedung KPK Jakarta, Selasa (15/10/2019) malam. 

Tiga orang yang ditetapkan sebagai pihak penerima adalah Supendi selaku Bupati Indramayu ddn Omarsyah selaku Kepala Dinas PUPR Kabupaten Indramayu dan Wempy Triyono Kepala Bidang Jalan di Dinas PUPR Kabupaten Indramayu.

Sedangkan sebagai pihak pemberi suap atau penyuap adalah Carsa sebagai pihak swasta.

Supendi, Omarsyah, dan Wempy diduga menerima uang dalam besaran yang berbeda-beda dari Carsa. Uang itu diduga berkaitan dengan 7 proyek di Dinas PUPR yang nilai totalnya kurang lebih Rp 15 miliar.

Bupati Indramayu Supendi beserta 2 anak buahnya itu disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 dan Pasal 12 B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sedangkan Carsa sebagai pihak pemberi suap atau penyuap disangkakan melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00