• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Dua Menteri Kabinet Kerja Jilid Pertama Dipanggil Jokowi

15 October
18:32 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Dua nama Menteri yang digadang-gadang kembali masuk ke dalam jajaran Kabinet Kerja Joko Widodo - Ma'ruf Amin nyatanya mulai dipanggil oleh Presiden Jokowi, Selasa (15/10/2019).

Dua Menteri yang menduduki posisi strategis itu adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Sri Mulyani menghadap Jokowi sekitar Pukul 11.00 WIB. Usai pertemuan, wanita yang akrab disapa Srimul ini enggan berkomentar ketika ditanya apakah pertemuan dengan Presiden ketujuh RI itu membicarakan soal dirinya menjadi menteri lagi di kabinet periode kedua Jokowi?

"Enggak," jawabnya. 

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini hanya mengaku masih akan melanjutkan rapat dengan Menteri Sekretaris Negara Pratikno, terkait kebijakan industri tekstil.
Rapat itu berlangsung di Kantor Sekretariat Negara yang masih satu kompleks dengan Istana Kepresidenan.

"Saya mau ke Mensesneg," pungkasnya. 

Senada dengan Srimulyani, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan juga dipanggil Jokowi. Mantan Kepala Staff Presiden ini tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta sekitar pukul 15.00 WIB dan segera bergegas masuk ke dalam.

Usai pertemuan, Luhut mengaku dipanggil Presiden Jokowi yang ingin mendengar  laporan  perkembangan investasi Abu Dhabi di tanah air.

"Tadi hanya laporan mengenai investasi Abu Dhabi," kata Luhut. 

Ketika ditanya perihal dirinya yang akan kembali masuk dalam jajaran kabinet kerja jilid kedua, Luhut menjawab santai. 

"Ya kalau saya ngomong, masa saya cerita ke kamu," jawabnya. 

Sejumlah nama calon Menteri yang bakal menemani pemerintahan Joko Widodo-KH. Ma'ruf Amin semakin terdengar menjelang pelantikan pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Tidak hanya nama-nama baru, nama-nama lama pun ikut dikaitkan bakal mengisi kabinet menteri jilid II Jokowi-Ma'ruf. Hal itu diakui oleh Presiden Joko Widodo. 

Kepala Negara mengaku masih tetap akan mempertahankan sejumlah menteri yang membantunya di Kabinet Kerja 2014-2019.

"(Yang bertahan sekarang) banyak," jawab Jokowi disinggung Menteri yang bertahan di Kabinet ini. Itu dikatakannya usai membuka Karya Kreatif Indonesia 2019, di Jakarta Convention Center, Jumat (12/07/2019) lalu.

Hanya saja, Jokowi tidak menjelaskan siapa saja nama-nama Menteri yang akan dipertahankan. (RH) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00