• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

'Yellow Mellow' Jambi dan Palembang Akibat Asap Karhutla

14 October
22:11 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), asap masih menyelimuti beberapa kota di Pulau Sumatera, seperti Palembang (Sumatera Selatan) dan Jambi (Provinsi Jambi). Bukan hanya menyelimuti, kabut asap ternyata mengubah warna kota Palembang dan Jambi menjadi kuning (bahasa Inggris: Yellow).

'Yellow Jambi' nampak jelas saat warga beraktivitas di GOR Kota Baru yang masih berselimut kabut asap Karhutla, Senin (14/10/2019). 

Kota Jambi yang terus terpapar kabut asap bertambah parah dalam dua hari terakhir hingga membuat sebagian wilayah kota berjuluk "Tanah Pilih Pesako Betuah" itu menguning.

Pada saat yang sama, Palembang juga mengalami hal serupa. Berdasarkan pantauan udara, kawasan kota Palembang yang tertutup kabut asap akibat Karhutla semakin parah saja hari lepas hari. 

Warna kota juga menguning dan jarak pandang menjadi terbatas. Akibat keadaan ini, proses belajar-mengajar banyak diliburkan dan jadwal penerbangan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, mengalami gangguan, Senin (14/10/2019).

Bahkan dalam kesempatan tertentu, sebuah pesawat dapat terbang menembus kabut asap sejak lepas landas jika memang keadaan masih dinyatakan memungkinkan untuk lepas landas oleh otoritas penerbangan bandara.

Bahkan sejak tadi siang, pengendara terpaksa harus menembus kabut asap di jalan Kolonel H Burlian, kota Palembang. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00