• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Finish Etape 1 Tour de Singkarak Dimeriahkan dengan Kontes Kucing

14 October
21:57 2019
0 Votes (0)

KBRN, Tanah Datar : Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan menyuguhkan hal yang berbeda dalam ajang Tour de Singkarak (TdS) tahun ini. Kabupaten Luak nan Tuo yang mendapatkan finish pada etape 1 itu, akan menyuguhkan kontes kucing peliharaan peliharaan yang akan di gelar di pelataran Istano Basa Pagaruyuang.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Tanah Datar, Efrison, akan memberikan warna baru untuk finish di Istano Basa Pagaruyuang. Selain kontes kucing, juga akan dimeriahkan dengan  berbagai kegiatan seperti, Pagelaran Seni Anak Nagari, Hiburan Artis Minangkabau serta Pameran dari UMKM.

“Untuk kontes kucing peliharaan sekaligus temu kenal pecinta kucing Tanah Datar Luhak Nan Tuo ini, selain untuk membentuk komunitas pencinta kucing juga untuk mensosialisasikan bagaimana merawat kucing dengan baik, dan berbagi tips serta pengalaman merawat kucing,” terangnya.

Menurut Efrison, TdS bakal kembali digelar tanggal 2 hingga 10 November 2019 mendatang. The biggest International Sport Tourism Event in West Sumatra ini, akan diikuti oleh 25 negara di dunia dengan 20 tim. Tahun 2019 ini TdS sebagai ivent kelas dunia tidak hanya di Provinsi Sumatera Barat namun juga bergabung dengan Provinsi Jambi.

“Selama event Tour de Singkarak berlangsung, peserta tidak semata berkompetisi namun juga diajak menikmati potensi pariwisata kedua daerah yaitu Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi seperti pesona alam, kuliner, keunikan budaya maupun keramahan masyarakatnya,” sebut Efrison.

Efrison menambahkan, Kabupaten Tanah Datar tahun ini, mendapat giliran finish etape I yaitu di Istano Basa Pagaruyung.

"Untuk etape I TdS tahun 2019 tanggal 2 November dengan jarak tempuh 107,3 km start di Pantai Gondoriah Kota Pariaman dan finish di Istano Pagaruyung, dan grand openingnya juga dilaksanakan di Pantai Gondoriah ini," ungkapnya.

Untuk rute yang dilalui dijelaskan Efrison, di Kota Pariaman Start Pantai Gondoriah - Terminal Dermaga (water front city) - Tugu Tabuik - Jl. M. Yamin - Jl. Imam Bonjol - Jl. Syekh Burhanuddin-Muaro Sunur - Pantai Kata Pariaman - Pantai Cermin - Pantai Gondoriah (1 loop) - Kantor Pos Pariaman - Tugu Tabuik - Kantor Wali Kota Pariaman - Simpang Jaguang - Jembatan Kurai Taji - Simpang Asoy - Jl. Raya Padang Bukittinggi - Pasar Lubuk Alung – Sicincin - Kayu Tanam - Lembah Anai.

Untuk Kabupaten Tanah Datar, meliputi Lembah Anai - Padang Panjang - Batipuh - Simp. Kubu Karambia – Pariangan - Lima Kaum (Batu Batikam) - Pasar Batusangkar (tembus verboden) - Istano Basa Pagaruyung (Finish). (Foto : Istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00