• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Resmikan Palapa Ring, Presiden : Jangan Digunakan Untuk Saling Fitnah Di Media Sosial

14 October
15:22 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh pihak untuk memanfaatkan Palapa Ring sebagai  teknologi digital yang tidak disalahgunakan.

Perkembangan teknologi digital dan konektivitas yang semakin cepat, ditegaskan Jokowi tidak boleh untuk menyebarkan ujaran kebencian dan fitnah.

"Ujaran kebencian tidak boleh dipakai untuk ini, untuk fitnah ndak (boleh), hoaks ndak, fake news ndak," ujar Jokowi saat meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Menurut Kepala Negara,  fitnah dan hoaks di media sosial harus dicegah. Begitu pula dengan kejahatan di dunia maya.

"Saling mencela di medsos harus dihentikan. Termasuk mencegah kejahatan siber agar tidak semakin berkembang di negara kita," tegasnya. 

Kehadiran Palapa Ring ini diharapkan Presiden Jokowi harus  mampu menghadirkan keadilan bagi seluruh warga negara Indonesia, manusia Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote sehingga memiliki kesempatan yang sama dalam mengakses kemajuan teknologi ini.

"Seperti Palapa ring barat, Palapa ring tengah yang sudah mendahului dirasakan oleh rakyat, kita juga mengharapkan terjadi di Palapa Ring Timur agar bisa meningkatkan kesejahteraan di Papua, Maluku, dan NTT, " ungkapnya. 

Proyek Palapa Ring yang terdiri dari tiga paket yakni paket barat, tengah, dan timur telah rampung sejak Agustus 2019. Peresmian Palapa Ring ini juga ditandai dengan penandatangan prasasti digital oleh Jokowi. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00