• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Presiden Resmikan Pengoperasian Palapa Ring

14 October
15:11 2019
1 Votes (5)

KBRN,  jakarta : Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/10/2019).

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirahim, saya resmikan pengoperasian Palapa Ring yang menghubungkan 514 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," kata Jokowi. 

Dalam pidatonya,  Kepala Negara  mengatakan bahwa dunia telah berubah dari era analog ke era digital. Teknologi digital, kini dianggap sudah menembus batasan jarak dan waktu.

"Teknologi digital, big data analytic. data dan informasi bisa dikumpulkan melalui perangkat digital, melalui internet, ada smartphone,  yang bisa terhubung dengan smartphone, smartoffice, dan smart smart yang lain lainnya,” kata Jokowi. 

Semua data pun lanjut Jokowi,  dapat dikumpulkan tanpa pemakainya menyadari bahwa telah menyumbangkan data. 

"Manfaatnya bermacam-macam, riset perilaku manusia, bisa. Hati hati, perilaku kita bisa ketahuan, perilaku satu kabupaten, satu provinsi, satu negara bisa ketahuan dari sini," ungkapnya. 

Pemerintah pun, menurutnya,  bisa memanfaatkan big data ini untuk menelaah kebijakan. 

"Sebagai contoh, adanya aplikasi yang bisa membantu pemerintah menjajaki kebijakan dan menghitung resiko - resikonya. Banyak manfaat kita ambil dari konektivitas digital," kata Jokowi. 

Dalam peresmian Palapa Ring ini, Presiden Jokowi juga mengadakan video konferensi dengan pejabat pemerintah daerah dari Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara, dan Sabang.

Palapa Ring adalah jaringan yang dibangun membentuk cincin yang mengitari tujuh pulau yaitu Sumatera,  Jawa,  Kalimantan,  Nusa Tenggara,  Sulawesi, Maluku,  hingga Papua.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informasi pembangunan jaringan internet dengan nama Palapa Ring mencapai 12.148 km yang terbagi dalam tiga  paket yakni Barat,  Tengah dan Timur.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00