• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Langgar Disiplin Militer, Dandim Kendari Diganti

12 October
19:18 2019
2 Votes (5)

BRN, Kendari: Kolonel Kav Hendi Suhendi resmi diberhentikan dari jabatannya sebagai Komandan Kodim 1417 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) setelah melalui sidang kode etik militer dan dilantik pejabat baru Kolonel Inf Alamsyah pada upacara Serahterima jabatan (Sertijab) di Aula Sudirman Ma Korem 143 Haluoleo Kendari.

Pemberhentian perwira menengah itu merupakan sanksi disiplin militer yang dijatuhkan kepadanya disertai penahanan ringan selama 14 hari dikarenakan konten unggahan IZN (inisial) istri Kolonel Hendi di media sosial terkait insiden penyerangan terhadap Menkopolhukam Wiranto di Pandeglang Banten beberapa waktu lalu.

"Pemberhentian Kolonel Hendi dari jabatannya sebagai Dandim Kendari, itu akibat pelanggaran disiplin dan sudah sesuai dengan surat perintah resmi dari KSAD karena dinyatakan melanggar UU nomor 25 tahun 2014 tentang hukum disiplin militer," kata Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Surawahadi kepada awak media di Kendari, Sabtu (12/10/2019).

Perwira tinggi dua bintang dipundaknya itu juga menegaskan kepada seluruh prajurit dan istri prajurit dijajarannya agar lebih bijak menggunakan media sosial.

"Ini juga harus diketahui seluruh prajurit agar taat pada atasan dan itu tidak ada tawar menawar. Setiap prajurit TNI juga harus melindungi dan menjaga keluarganya agar tidak terjebak dalam setiap pelanggaran,"tegas Panglima Kodam Hasanuddin.

Upacara pemberian sanksi disiplin militer dan Sertijab berlangsung sederhana dipimpin langsung Komandan Korem 143 HO Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto setelah Pangdam Hasanuddin memberi pengarahan kepada seluruh perwira menengah di jajarannya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00