• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Guru Besar Pertanian Unsoed Dapat Penghargaan Sebagai Pemulia Terbaik Tanaman Pangan 2019

11 October
04:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Purwokerto : Prof Dr Suwarto, MS yang saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) terpilih sebagai Pemulia Terbaik Bidang Tanaman Pangan atas dedikasinya dalam menghasilkan dan mengembangkan varietas unggul bagi pertanian di tanah air.

Penghargaan itu diberikan kepada Profesor Dr. Suwarto melalui perwakilannya yaitu Dyah Susanti, S.P., M.P., selaku Sekretaris Perhimpunan Ilmu Pemuliaan Indonesia Komisariat Daerah Banyumas , PERIPI Komda Banyumas di sela-sela kegiatan Seminar Nasional dan Indonesian Breeder Award tahun 2019 di pusat konvensi Internasional Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).

Deretan varietas unggul karya Profesor Suwarto yang mengukuhkan dedikasinya meliputi varietas yang telah dilepas sebagai varietas unggul nasional dan varietas yang mendapatkan Hak Perlindungan Varietas Tanaman (PVT), yaitu kedelai varietas Slamet dan varietas Sindoro yang dirakit bersama Prof. Dr. Ir. Sunarto, M.S dan Dr. Ir. Noor Farid, M.Si.

Kemudian padi varietas Inpago Unsoed 1 yang dihasilkan bersama Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M,P., Ph.D., varietas Inpago Unsoed Parimas, bersama Ir. Hartati dan Agus Riyanto, M.Si.

Sedangkan galur hasil pemuliaan tanaman yang telah mendapatkan Hak PVT adalah  Inpago JSPGA 136,Inpago JSPGA 9 dan Inpago Unsoed 1 yang dihasilkan bersama Prof. Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, M,P., Ph.D  dan  Unsoed Fe-27, atas nama Profesor Suwarto sendiri.

Prof Dr Suwarto menjelaskan, sebelumnya beberapa tim telah mengajukan usulan ke PERIPI yang kantor pusatnya di IPB, Bogor sehingga dirinya terpilih sebagai pemulia terbaik tanaman pangan.

”Waktu itu ada tawaran untuk mengusulkan salah satu staf yang telah menghasilkan inovasi itu, kemudian diusulkan, dan teman-teman mengusulkan saya ke sana, dan setelah dinilai hasilnya seperti itu," terangnya.

Aspek penilaian yang menjadi kekuatan rekam jejak Prof. Suwarto dalam penilaian juri Indonesian Breeder Award 2019 selain jumlah varietas yang dihasilkan adalah keunikan dan pemanfaatannya di masyarakat.

Selaras dengan visi misi Fakultas Pertanian Unsoed, Guru Besar Fakultas Pertanian bersama tim pemulia fokus merakit dan menghasilkan varietas-varietas unggul yang sesuai untuk lahan marginal dan memiliki keunggulan sebagai pangan fungsional, diantaranya toleran tanah masam, toleran terhadap kekeringan, toleran cekaman Al, dan memiliki kandungan Fe tinggi.

Hilirisasi dan luasnya pemanfaatan varietas yang dihasilkan bagi masyarakat juga menjadi aspek penting dalam penilaian dewan juri.

Prof Dr Suwarto yang berhalangan hadir dalam penganugerahan Indonesian Breeder Award 2019 di Bogor, karena sedang berada di Jepang dalam kaitan tugas sebagai Rektor Unsoed, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Institut Pertanian Bogor yang telah menyelenggarakan apresiasi bagi pemulia dimana profesi itu sudah semakin langka.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00