• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

KAMILA, Ajang Trio Violinist Perempuan Unjuk Gigi

10 October
23:17 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Belantika musik Tanah Air kembali kedatangan grup musik  yang siap mewarnai industri musik Indonesia. Meski berstatus sebagai pendatang baru, grup musik KAMILA digawangi musisi yang sudah  malang melintang di industri musik di Indonesia. Mereka adalah, Ava Victoria, Ana Achjuman dan Mia Ismi Halida.

Ava Victoria merupakan pemain biola (violinist) orchestra ternama di Jakarta seperti Magenta Orchestra, Erwin Gutawa Orchestra, Dian HP, Aminoto Kosin, Oni n Friends dan beberapa lainnya. Saat ini Ava juga dikenal sebagai produser musik, arranger, komponis, dan juga penata musik di beberapa nomor musikal dan konser.

Selain tengah merintis orkestranya sendiri yg diberi nama AV Orchestra, Ava juga aktif dalam grup keroncongnya yang bernama Keroncong Musyawarah. 

Sementara, Ana Achjuman yang merupakan adik kandung Ava Victoria adalah pemain biola yang pernah tergabung dalam sejumlah orkestra. 

Sedangkan Mia Ismi Halida, selain sebagai  penyanyi, dia juga merupakan pemain biola, song writer, vocal director dan vocal coach di Universitas Indonesia. Mia juga kerap tampil Solo di dalam negeri, serta ikut mempromosikan Indonesia di berbagai negara.

Lewat KAMILA, ketiga musisi itu membentuk  grup musik berbentuk trio yang menawarkan warna berbeda di industri musik Indonesia. Formasi mereka tak hanya sebagai trio vokal, tapi juga bermain biola. Latar belakang ketiganya yang kerap bermusik orkestra, membuatnya mencoba untuk menghadirkan perpaduan nuansa musik pop elektronik dengan sentuhan strings akustik.

Sejatinya, KAMILA yang berasal dari bahasa Arab dan memiliki arti "Kesempurnaan", bukanlah pendatang baru dalam kancah musik Indonesia
KAMILA berdiri sejak tahun 2015 dan telah mengeluarkan delapan singel, yang enam diantaranya merupakan kolaborasi dengan penyanyi hits Indonesia seperti Glenn Fredly, dan Tompi. Banyaknya kolaborasi yang dibawakan, membuat ketiganya terpacu untuk menghasilkan karya yang menyesuaikan warna KAMILA.

"Sebelumnya kita sudah keluarin delapan singel digital. Jadi kita bikinnya proyekkan dan berkolaborasi dengan orang lain, yang malah KAMILA-nya sendiri dikit ya. Nah, selepas itu baru kita kayak, yuk bikin album aja,” jelas Ava Victoria, di Jakarta, baru-baru ini.

“Ketimbang dari lagu-lagu sebelumnya, kita bikin album, kita kenapa sekalian bikin yang fresh (baru) aja dengan lagu-lagu baru. Ana dan Mia sendiri juga punya banyak ide lagu, yaudah ayo kita bikin album aja,” tambahnya.

Album perdana Kamila yang bertajuk KAMILA ini, berisi lagu lagu original Kamila yang ditulis oleh Ana Achjuman, Mia Ismi, Ava Victoria dan Rishanda Singgih (yang juga bertindak sebagai Music Producer di album ini). Ada 8 lagu di dalam album ini yang didominasi nuansa pop elektronik dengan sentuhan strings akustik.

Lagu-lagu yang ada dalam album ini merupakan karya orisinil para personil Kamila yang terinspirasi dari kisah-kisah cinta dan pengalaman orang-orang yang dekat di hati mereka. Disajikan dengan sangat epic dan tentunya tidak lupa dengan ciri khas Kamila yaitu iringan biola dan pembagian suara masing-masing personil. 

Single perdana yang diangkat KAMILA di album ini berjudul "Prison of Love", Lagu yang ditulis oleh Ana Achjuman ini bercerita tentang perempuan yang sangat mencintai pasangannya sehingga seolah ingin "memenjarakan" cintanya. 
 
"Kami berharap album ini dapat turut memberi warna baru dalam industri musik Indonesia, dan dapat diterima dan dinikmati masyarakat. Karena penghargaan tertinggi bagi para seniman (musisi) adalah ketika karyanya dapat menginspirasi hati orang-orang yang mendengarkannya," ungkap Ava.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00