• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Fitria Hendak Ikut Lukai Wiranto, Melawan Saat Diringkus

10 October
17:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Insiden serangan berdarah terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto dilakukan Syahril Alamsyah alias Abu Rara bersama isterinya, Fitria Andriana binti Sunarto, yang diduga kuat sudah terpapar ideologi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto baru saja memberikan keterangan pers usai meresmikan ruang kuliah bersama Universitas Matla'ul Anwar. Serangan itu kemudian terjadi begitu cepat sesaat Wiranto turun dari mobil dan akan menuju helipad di Alun Alun Menes, Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, Kamis (10/10/2019).

Wiranto diserang lebih dulu oleh Syahril, dan sukses dengan dua luka tusukan. Namun menurut saksi mata di lokasi, seorang perempuan bercadar (Fitria, isteri Syahril) tiba-tiba juga menyerang ke depan untuk melanjutkan tusukan pisau kepada Wiranto. Namun petugas TNI-Polri yang ada di lokasi dengan sigap berhasil meringkus Fitria, si perempuan bercadar, yang sempat melakukan perlawanan ketika akan ditangkap.

"Ada perempuan yang ingin mencoba ikut menusuk Pak Wiranto. Pelaku cuma dua orang, yang perempuan berjubah dan bercadar," terang Madrohim, saksi mata.

BACA JUGA: Mirip 'Kunai' Naruto, Pisau Ini Diduga Lukai Wiranto

Wiranto sempat tersungkur sejenak saat mengalami penusukan, kemudian dipapah secepatnya oleh petugas, dimasukkan kendaraan, lantas dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang untuk menjalani perawatan. Setelah itu, Menko Polhukam langsung diterbangkan menuju Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, guna mendapatkan perawatan Instalasi Gawat Darurat.

Seperti diberitakan RRI sebelumnya, Beredar di dunia maya bentuk senjata yang digunakan pelaku untuk melakukan serangan terhadap Wiranto. Dari bentuknya, senjata tajam yang digunakan pelaku mirip sekali dengan pisau lempar bernama 'Kunai', yang dalam film kartun menjadi senjata andalan tokoh 'Naruto'.

Beredar di WhatsApp Group (WAG), penyerangan menggunakan gunting. Sekilas, 'Kunai' itu memang mirip gunting, tapi yang sudah dibelah dua. Tapi kalau melihat ujungnya yang runcing bagai mata tombak, tentunya amat berbeda dengan gunting.

Untuk diketahui, 'Kunai' adalah peralatan berukuran kecil yang digunakan ninja di Jepang. Alat ini menyerupai pisau berujung runcing dan sering digunakan seperti kuku oleh para ninja untuk menempel di dinding sewaktu memanjat atau menggali tanah.

BACA JUGA: Wiranto Langsung Masuk IGD RSPAD Gatot Subroto Jakarta

Kunai berukuran sekitar 10-15 cm sehingga cukup kecil untuk dibawa ke mana-mana dan disembunyikan di balik baju dari penglihatan orang. Alat ini diketahui sebagai senjata standar bagi ninja seperti halnya makibishi dan shuriken. Kunai berukuran kecil disebut Tobikunai (secara harafiah: kunai terbang) dan digunakan seperti halnya shuriken.

Berdasarkan kesaksian sejumlah warga di lokasi, serangan terhadap Wiranto dilakukan oleh pelaku pria lebih dulu. Setelah itu, barulah muncul perempuan bercadar yang hendak ikut mendukung serangan berdarah pelaku pria, di depan pintu gerbang Lapangan Alun Alun Menes, Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Kamis (10/10/2019).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00