• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BPBD Subang Butuh Bak Besar Untuk Efektifitas dan Efesiensi Pendistribusian Air Bersih

10 October
16:34 2019
2 Votes (5)

KBRN, Subang : Selama musim kemarau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang, terus melakukan pendistribusian air bersih ke sejumlah daerah yang mengalami krisis air bersih.

Namun menurut Sekretaris BPBD Kabupaten Subang Ahmad Drajat, BPBD butuh beberapa bak besar, atau tanki air untuk penampungan air bersih, guna efesiensi dan efektifitas pendistribusian air bersih kepada warga yang terdampak krisis air bersih tersebut.

Dalam satu hari saja kata Ahmad, 2 sampai dengan 3 desa yang meminta dikirim air bersih dari BPBD, sementara kendaraan tanki air yang dimiliki BPBD hanya 1 unit.

"Untuk efektifitas dan efesiensi pendistribusian air bersih ke warga yang terkena dampak, kami butuh sejumlah bak penampungan air yang besar, atau minimal tanki air besar, guna ketepatan waktu pendistribusian ke desa-desa lain yang terkena dampak krisis air bersih," ujar Ahmad kepada wartawan di Subang, Kamis (10/10/2019).

Selain itu dikatakan Ahmad, persoalan lainnya ketika pendistribusian air ke warga yang terkena dampak, warga berebutan, sehingga air yang dikeluarkan dari kran tanki air bersih, air sekian besarnya banyak yang terbuang, karena kran air dari tanki air itu lebih besar dibamding dengan lubang jilegen air yang di bawa warga.

"Ketika tidak ada bak penampungan air besar, air bersih yang kami distribusikan banyak yang terbuang," terangnya.

Untuk pengadaan bak penampungan air itu lanjut Ahmad, BPBD berharap, Pemerintahan Desa yang warganya sering mengalami krisis air bersih, bisa mempasilitasinya dari dana desa (DD), dam itu diperbolehkan oleh Undang-undang, dan tidak menyalahi aturan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00