• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BPBD Subang Siap Antisifasi Bencana Ketika Musim Penghujan Tiba

9 October
14:52 2019
1 Votes (5)

KBRN, Subang : Menghadapi musim pemghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang mulai melakukan pengecekan semua peralatan dan kelengkapan, jika terjadi kedaruratan bencana.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Subang Darmono Indra mengungkapkan, peralatan dan kelengkapan kedaruratan bencana yang sudah diinventarsir seperti, semua tenda, gergaji mesin, kendaraan, serta sumberdaya manuasia (SDM) Kedaruratan, semuanya sudah disiapkan dan dalam kondisi siap dipergunakan, serta personil siap diturunkan, jika terjadi kedaruratan bencana.

"Baru saja kita melakukan pengecekan semua peralatan dan kelengkapan yang kita mikiki, salah satunya tenda yang kita cek, termasuk pengecekan gergaji mesin, karena diawal musim penghujan biasanya sering terjadi pohon tumbang, Alhamdulillah semuanya siap pakai, dan dalam kondisi baik," ujar Darmono kepada wartawan di Subang, Rabu (9/10/2019).

Selain itu kata Darmono, pihaknya juga sudah melakukan pemetaan beberapa wilayah yang memiliki potensi bencana ketika musim pemghujan tiba, seperti di wilayah selatan, mulai dari bencana longsor, banjir bandang dan angin puting beliung, wilayah tengah banjir dan angin puting beliung, begitupun dengan wilayah Pantura dengan potensi bencana banjir, angin puting neliung serta gelombang pasang.

"Kami juga sudah mulai melakukan pemetaan potensi bencana di tiga wilayah, dengan ancaman bencana longsor, banjir bandang, bajir, gelombang pasang dan angin puting beliung," terangnya.

Dalam menghadapi kemungkinan yang tidak diharapkan ketika musim penghujan tiba, Bidang Kedaruratan juga sudah membangun komunikasi dengan bidang-bidang yang ada di BPBD, sehingga pada saatnya nanti, satu sama lain memiliki tugas dan kewajiban sesuai dengan tufoksinya masing-masing, tetapi semuanya saling mendukung dalam hal penanggulangan dan penanganan bencana.

"Meski kita tidak mengharapkan bencana tidak terjadi pada saat musim pemghujan nanti, tetapi sebagai antisifasi sudah kita siapkan," pungkas Darmono.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00