• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Mendagri: Warisan Budaya dan Kuliner Perlu Dijaga

8 October
23:44 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta kepala daerah untuk menetapkan warisan budaya di daerah masing-masing, selanjutnya kebudayaan itu dipatenkan sehingga tidak diklaim oleh negara lain.

“Saya malam ini merangkap sebagai (Plt) Menkumham, saya mengajak untuk segera dipatenkan yang menyangkut kesenian tadi, budaya-budaya yang ada di masing-masing daerah, jangan sampai nanti di kemudian hari ada budaya-budaya kita yang diambil oleh negara-negara lain," ucapnya katanya dalam sambutannya pada acara Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia tahun 2019, di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (08/10/2019).

Ia juga menegaskan, kebudayaan Indonesia diambil negara lain menjadi sesuatu yang bukan lagi wacana atau ketakutan semata. Selain itu, kuliner juga menjadi sesuatu yang harus dijaga selain budaya karena keduanya merupakan warisan negeri.

"Seperti kuda lumping sudah diambil oleh negara lain, kemudian ada tari di Sumatera Barat diakui oleh negara lain, tari piring misalnya. Saya kira ini banyak hal-hal yang harus kita patenkan tidak hanya budayanya tapi juga kulinernya,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00