• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Bupati Indramayu Pastikan Perbaikan Tanggul Amblas di DAS Cimanuk

8 October
19:34 2019
0 Votes (0)

KBRN,Indramayu; Bupati Indramayu H. Supendi bersama dengan Sekretaris Daerah Rinto Waluyo meninjau langsung proses perbaikan terhadap tanggul Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk  yang amblas di Blok Rengaspayung Desa Kertasmaya, Selasa (8/10/2019).

Peninjauan itu dilakukan, untuk memastikan perbaikan tanggul yang tengah dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Indramayu dan pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung. Hal itu sekaligus untuk pengecekan agar tidak lagi terjadi ancaman tanggul jebol,   apalagi menghadapi musim hujan mendatang.

"Saat ini kita terus lakukan perbaikannya, mumpung masih kemarau. Kita antisipasi jika musim hujan datang, tanggul ini harus segera selesai," tegas Supendi.

Pada pertengahan Juni 2019  tanggul DAS Cimanuk tersebut mengalami pergeseran dan amblas dengan kedalaman 80 cm dan panjang 100 meter.  Seiring dengan berjalannya waktu, tanah yang mengalami amblas bertambah mencapai 300 meter.

Kondisi demikian, mengakibatkan putusnya saluran drainase sepanjang 300 meter, retakan badan tanggul sedalam 2 meter, terancamnya 100 unit rumah penduduk, dan terancamnya jalan nasional sepanjang 100 meter.

"Untuk lebih menguatkan dalam penyelesaian tanah amblas ini, 15 Oktober 2019 mendatang akan diadakan rapat koordinasi, bersama dengan seluruh pihak yang terkait guna menpercepat proses perbaikannya," imbuhnya.

Sementara itu berdasarkan data dari DPUPR, untuk penanganan tanggul amblas itu pada tanggal 1-18 Juli 2019 lalu sudah dilakukan pengurugan tanggul, dengan menggunakan tanah merah sepanjang 125 meter dan lebar bawah tanggul 6 meter lebar atas tanggul 3 meter dan tinggi tanggul 275 centimeter.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00